ANALISIS SWOT PEMBINAAN PRESTASI DI PGSI (PERSATUAN GULAT SELURUH INDONESIA) KABUPATEN LAMONGAN

AHMAD FITRAH DARMAWAN

Abstract


Tercapainya suatu prestasi olahraga didasari oleh pembinaan olahraga yang tersruktur, sistematis dan terencana, yakni mempunyai kaitan yang erat dengan sumber daya manusia, sarana prasarana, dan program latihan yang ada. PGSI (Persatuan Gulat Seluruh Indonesia) Kabupaten Lamongan adalah Organisasi induk olahraga Gulat daerah yang ada dibawah naunggan KONI Kabupaten Lamongan, dantelah berdiri sejak 1997 bertujuan untuk mendongkrak prestasi cabang olahraga Gulat. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pembinaan prestasi cabang olahraga Gulat di PGSI Kabupaten Lamongan dengan dengan mengidentifikasi kelemahan, kekurangan, peluang serta ancaman. Memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana hasil pembinaan olahraga Gulat di PGSI Kabupaten Lamongan.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripstif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah SWOT (strenght, weakness, oppurtunity, threat). Dengan menggunakan metode SWOT diharapkan mendapat hasil yang optimal dalam mengamati pembinaan olahraga Gulat di PGSI Kabupaten Lamongan. Jenis instrumen yang digunakan adalah Angket.


Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pembinaan Gulat di PGSI Kabupaten Lamongan adalah sangat baik yaitu dengan Angka 88,3%. Angka tersebut didapat dari hasil isian angket yang diisi oleh atlet, pelatih dan pengurus yang ada di PGSI Kabupaten Lamongan dari segi indikator sumber daya manusia dengan rata-rata 87,3%, sarana prasarana 85,4% dan program latihan 92,2%. Beberapa Pelatih sudah memiliki lisensi kepelatihan, yang ditunjang dengan penglaman pelatih saat menjadi atlet, serta adanya komunikasi yang bagus antara pengurus, pelatih, dan atlet. Sarana dan prasarana di PGSI Kabupaten Lamongan sudah memadai untuk melaksanakan pembinaan dan latihan. Kemudian program latihan yang telah dibuat di PGSI Kabupaten Lamonganjuga sudah bagus. Terdapat program latihan jangka pendek dan jangka panjang. Pendanaan yang lancar untuk setiap kompetisi serta adanya bonus bagi atlet yang berprestasi menjadi semangat lebih untuk atlet terus berprestasi. Serta selalu dilakukan evaluasi setelah melaksanakan latihan atau kompetisi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.