ANALISIS KONDISI FISIK ATLET PUTRI FLOORBALL UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

DINI AGUSTIN

Abstract


Floorball merupakan cabang olahraga yang membutuhkan kesiapan fisik yang optimal untuk meraih prestasi. Dengan gerakan bola yang tidak menentu maka untuk mengontrol, drible, shooting, berlari, maupun berhenti secara tiba-tiba, sehingga para pemain Floorball harus memiliki kondisi fisik yang baik agar dapat menampilkan kemampuan secara maksimal.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi fisik atlet  putri Floorball Universitas Negeri Surabaya yang meliputi kecepatan, kelentukan, ketahanan aerobik, dan kecepatan. Sasaran dari penelitian ini adalah 15 atlet Floorball. Dan dilaksanakan di GOR Bima Universitas Negeri Surabaya.


Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Dari penelitian ini telah digambarkan mengenai tingkat kondisi fisik pemain  putri Floorball Universitas Negeri Surabaya.


Kesimpulan dari hasil penelitian : (1) Kecepatan atlet dengan rata-rata sebesar 5,47 detik masuk dalam katagori kurang. Persentase masuk dalam katagori kurang: (53,33%), (2) Kelentukan atlet dengan rata-rata sebesar 36 cm masuk dalam katagori baik sekali. Persentase masuk dalam katagori baik sekali: (66,67%), (3) Ketahanan aerobik atlet dengan rata-rata sebesar 28,04 ml/kg/min masuk dalam katagori rendah. Persentase masuk dalam katagori rendah: (80%), (4) Kelincahan atlet dengan rata-rata sebesar 19,33 detik masuk dalam katagori sedang. Persentase masuk dalam katagori sedang (73,33%).


Jadi dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa atlet putri Floorball Universitas Negeri Surabaya memiliki kondisi fisik yang kurang, karena rata-rata kondisi fisik atlet putri Floorball Universitas Negeri Surabaya masuk dalam katagori kurang. Sehingga harus diperlukan latihan yang intensif agar mendapatkan hasil yang lebih baik.


Kata Kunci : Floorball, Atlet putri Floorball Universitas Negeri Surabaya, Kondisi fisik.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.