ANALISIS KELEBIHAN DAN KEKURANGAN KETERAMPILAN TEKNIK BERMAIN PADA PERMAINAN TUNGGAL PUTRI BULUTANGKIS (Studi Kasus Pada Pertandingan Antara Carolina Marin vs Li Xuerui)

AYU PULUNG SARI

Abstract


Keterampilan teknik dalam bermain bulutangkis merupakan kemampuan yang paling dimiliki oleh semua atlet, serta pelatih yang harus bisa memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh atlitnya, agar dapat mencapai prestasi yang tinggi dalam cabang olahraga bulutangkis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan teknik yang dominan dipakai oleh atlet dunia dalam pertandingan yang sebenarnya. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian non-eksperimen dengan metode penelitian analisis deskriptif dengan rumus persentase. Subjek penelitian ini adalah pertandingan tunggal putri peringkat 1 dan 2 dunia  yaitu Carolina Marin berasal dari Spanyol dan Li Xuerui berasal dari China.


Hasil penelitian ini diperoleh dari analisis teknik yang paling dominan digunakan dalam pertandingan yang sebenarnya. Adapun hasil penelitian pada pertandingan Japan Open Carolina Marin menggunakan teknik pukulan drive  (8%), smash (14%),  dan overhand lob (5%), Li Xuerui menggunakan teknik pukulan drive (12%), underhead lob (9%), dan netting (7%). BWF World Championship Carolina Marin menggunakan teknik pukulan overhand lob (10%), drive (11%), dan smash (14%), Li Xuerui menggunakan teknik pukulan underhead lob (16%), drive (12%), dan overhand lob (16%). MyBank Malaysia Open Carolina Marin menggunakan teknik pukulan drive (14%), smash (21%), dan netting (17%), Li Xuerui melakukan teknik pukulan drive (17%), underhead lob (17%), dan netting (26%). Olimpic Rio Carolina Marin melakukan teknik underhead lob (12%) drive (8%) dan overhand lob (12%), Li Xuerui menggunakan teknik pukulan underhead lob (12%), drive (8%), dan netting (10%). Hasil tersebut didapatkan dengan menggunakan rumus persentase .


Kata Kunci : Bulutangkis, Teknik, Keterampilan bermain.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.