PENGARUH MANIPULASI MASASE OLAHRAGA TERHADAP PENURUNAN KADAR ASAM LAKTAT DALAM DARAH SETELAH LATIHAN ANAEROBIK

KASMADI

Abstract


Masase olahraga merupakan suatu manipulasi yang dilakukan dengan manual pada bagian tubuh tertentu yang memberikan efek memperlancar sirkulasi darah ke arah jantung sehingga mempercepat metabolisme zat sisa pembakaran ( asam laktat). Asam laktat merupakan sisa-sisa metabolisme energi anaerobik yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada otot. 


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh manipulasi masase olahraga terhadap penurunan kadar asam laktat dalam darah setelah latihan anaerobik. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan  Randomized Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesehatan Dan Rekreasi  angkatan tahun 2016  Universitas Negeri Surabaya.  Sampel penelitian sebanyak 20 yang di peroleh melalui teknik purposive Sampling.  Variabel dalam penelitian ini terdiri dari, variabel bebas yaitu latihan anaerobik dan manipulasi masase olahraga dan variabel terikat penurunan kadar asam laktat. Teknik analisis data menggunakan Uji beda (Uji t) dan  uji normalitas. 


Hasil penelitian diperoleh rata-rata pre-test sebesar 13,68 mM/l  dan data post-test 8,55 mM/l. Berdasar uji normalitas data pre-test diperoleh x2tabel lebih besar dari pada x2 hitung(2,3522>3,841) dan post-test (2,3138>3,841) dengan demikian data berdistribusi normal. Berdasarkan uji perbedaan diperoleh thitung  sebesar 14,17 dengan taraf signifikan 0,05 dengan df = 9 adalah 1,833. Karena t hitung lebih besar daripada t tabel maka Ho ditolak yang berarti manipulasi masase olahraga efektif dalam menurunkan kadar asam laktat dalam darah setelah latihan anaerobik. Dengan demikian dapat disimpulkan manipulasi masase olahraga selama 10 menit berpengaruh signifikan terhadap penurunan kadar asam laktat dalam darah setelah latihan anaerobik dengan persentase penurunan sebesar 37,5 %


Kata kunci: Latihan Anaerobik, Masase Olahraga, Asam Laktat


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.