KEMAMPUAN DAYA TAHAN (VO2max) WASIT SEPAKBOLA LISENSI C1 NASIONAL DI SIDOARJO

TIRMIDZI AHMAD FARUQ ALIY WAF

Abstract


Tirmidzi Ahmad Faruq Aliy Wafa’, M. Mur Bawono


Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya


Abstrak


Dalam suatu pertandingan sepakbola banyak pihak yang terlibat mulai panitia pertandingan sampai perangkat pertandingan tersebut. Salah satu perangkat pertandingan sepakbola yaitu wasit yang berperan sebagai pengatur jalannya pertandingan agar berjalan lancar sesuai peraturan permainan sepakbola. Seorang wasit sepakbola harus mampu menguasai peraturan permainan dan memiliki keterampilan perwasitan yang baik dan mengerti penerapannya di lapangan. Selain itu wasit sepakbola juga harus memiliki kondisi fisik atau kesegaran jasmani yang baik pula sebagai syarat utama agar bisa memerankan tugas sebagai pengadil, seorang wasit dituntut selalu sigap, cepat, dan tepat dalam mengambil keputusan untuk dapat mencapai kesuksesan dalam memimpin pertandingan. Komponen kondisi fisik yang penting adalah kesegaran jasmani seorang wasit dalam hal ini adalah tingginya konsumsi oksigen maksimal atau biasa disebut dengan VO2max. Walaupun VO2max bukan satu-satunya, namun hal ini nampaknya kurang disadari dan cenderung diabaikan. Penelitian ini secara garis besar bertujuan untuk mengetahui atau untuk memperoleh informasi tentang Daya Tahan khususnya VO2max pada wasit sepakbola linsensi C1 Nasional di Sidoarjo agar dalam memimpin suatu pertandingan tidak ada kendala dan bisa berjalan dengan lancar sampai akhir pertandingan.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subyek 17 wasit. Subyek dalam penelitian ini diambil dari wasit sepakbola lisensi C1 nasional pencab Sidoarjo, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan metode tes MFT (Multistage Fitness Test).


Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebagian besar VO2max wasit sepakbola lisensi C1 nasional pengcab Sidoarjo dalam kondisi sedang dengan rata-rata VO2max 42.0 ml/kg/menit. Untuk kategori Sedang 6 wasit dengan persentase 35,2 %, kategori Baik 6 wasit dengan persentase 35,2 %, kategori Sangat Baik  2 wasit dengan persentase 11,7 %, kategori Kurang 1 wasit dengan persentase 5,9 % , dan kategori Sangat Kurang 2 wasit dengan persentase 11,7 %.




Kata kunci: wasit, sepakbola, VO2max


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.