EFEK PEMAKAIAN KINISIO TAPING SEBAGAI ALAT BANTU TERAPI PEMULIHAN CEDERA ANKLE PADA PEMAIN SEPAK BOLA DI SSB MITRA SURABAYA

EKO ARDI PURNOMO

Abstract


Eko Ardi Purnomo, Drs. Fatkur Rohman K., M.Pd.


Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya


Abstrak


Sepak bola merupakan permainan beregu, masing-masing regu terdiri dari sebelas pemain, dan salah satunya penjaga gawang. Dalam sepak bola tidak akan pernah lepas dari namanya terjadi cedera, kondisi fisik yang lemah dan kurang prima akan mengakibatkan pemain sepak bola mengalami cedera, terutama cedera ankle. Karena sebagian besar permainan sepak bola adalah menggunakan ankle. Salah satu Cara untuk menangani cedera ankle dalam sepak bola adalah dengan menggunakan metode terapi dengan menggunakan alat bantu berupa kinisio taping yang berfungsi untuk menahan rasa nyeri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen karena untuk mengetahui adakah pengaruh kinisio taping sebagai alat bantu terapi pemulihan cedera pada pemain sepak bola di SSB Mitra Surabaya.


Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling. sampling dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa SSB mitra Surabaya usia 16 dimana 5 orang sebagai kelompok kontrol dan 5 orang sebagai kelompok eksperimen. Untuk memperoleh hasil penelitian, maka digunakan prosedur penelitian dengan cara diberi pre test terlebih dahulu pada kelompok kontrol dan eksperimen sebelum di berikan tritmen. setelah itu akan di berikan post test pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen selama 5 hari sekali dalam tempo 30 hari untuk mengetahui perubahan kondisi setelah di berikan tritmen dan untuk mngetahui perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.


Tes yang di berikan berupa tes ROM pada ankle dan setelah itu sampel mencatat tingkat rasa nyeri yang dirasakan pada lembar angket skala intensitas nyeri. Hasil yang diperoleh dari 10 orang sampel melalui angket skala intensitas nyeri diperoleh hasil, untuk kelompok kontrol rata-rata intensitas nyeri menunjukkan skala tingkat 4 (nyeri sedang) sedangkan untuk kelompok eksperimen menunjukkan skala tingkat 2 (nyeri ringan). Dengan demikian bahwa pemakaian kinisio taping taping sangat membantu untuk pemulihan cedera ankle pada pemain SSB Mitra Surabaya, selain adanya terapi lain yang dapat membantu proses pemulihan cedera lebih cepat.


.


Kata kunci : Sepak bola, Cedera Ankle, Pemakian kinisio taping dalam terapi pemulihan cedera


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.