MOTIVASI MAHASISWI UNESA DALAM MENGKUTI OLAHRAGA FLOORBALL DI UKM UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

AINUR FIRMANSYAH

Abstract


Dalam semua tindakan yang dilakukan oleh seseorang, motivasi merupakan faktor yang sangat penting, yang bisa menentukan hasil dari tindakan tersebut. Berdasarkan sumbernya motivasi dibagi menjadi dua, yaitu motivasi yang sudah ada dalam diri kita sendiri (intrinsik) dan motivasi yang muncul dikarenakan faktor dari luar (ekstrinsik).
Floorball merupakan salah satu cabang olahraga yang relatif baru dimainkan baik oleh pria maupun wanita dengan menggunakan stick dan bola. Permainan floorball sangat populer di kalangan mahasiswi Universitas Negeri Surabaya, hal ini terbukti dengan munculnya UKM floorball Universitas Negeri Surabaya, serta dicapainya prestasi di tingkat kejuaraan nasional dan daerah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi mahasiswi dalam mengikuti olahraga floorball. Sasaran dari penelitian ini adalah16 atlet Floorball. Dan dilaksanakan di GOR Bima Universitas Negeri Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan bahwa motivasi intrinsik mahasiswi sangat tinggi, dari total skor indikator maksimal 1200, skor yang didapatkan 989 atau 82%, dan motivasi ekstrinsik mahasiswi tinggi, dari total skor indikator maksimal 1200, skor yang didapatkan 836 atau 70%, dalam mengikuti olahraga floorball di UKM Universitas Negeri Surabaya.
Kesimpulan penelitian ini, tingkat motivasi mahasiswi adalah tinggi, dengan total keseluruhan indikator maksimal 2400, skor yang didapat 1825 atau 76%, dalam mengikuti olahraga floorball di UKM Universitas Negeri Surabaya.
Kata Kunci: Floorball, Motivasi, mahasiswi floorball UKM Unesa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.