ANALISIS PEMAIN BINTANG TERHADAP KEGAGALAN SEBUAH TIM ( Studi Analisis Dalam Kejuaraan Piala Euro Tahun 2012 )

FIRMAN DWI HIDAYAT

Abstract


Firman Dwi Hidayat, Achmad Widodo


Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya


Abstrak


Sepak bola merupakan olahraga yang sangat kompleks. Untuk mendukung tujuan dari sepak bola dituntut kemahiran para pemain didalamnya. Kemahiran tersebut dapat menjadi tolak ukur seorang pemain bintang serta mampu menyatakan sukses dan gagalnya sebuah tim.


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pemain bintang dalam sebuah tim Nasional ditinjau dari keterampilan teknik bermain sepak bola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang seberapa besar kontribusi pemain bintang dalam sebuah tim Nasional sepak bola dalam kejuaraan Euro 2012. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yaitu menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematis.


Pemain bintang yang berada dalam sebuah tim Nasional dengan jumlah pemain bintang yang cukup minim memiliki peran lebih aktif dan efektif dalam membuat serangan maupun membantu pertahanan. Hal-hal tersebut didukung dengan aliran bola yang sering ditujukan kepada pemain bintang tersebut yang kemudian meneruskan kepada pemain berikutnya. Selain itu, pemain bintang tersebut juga mampu menjaga kolektifitas antar pemain yang ada di dalam tim dan berperan efektif tanpa banyak melakukan kesalahan serta beranggapan bahwa dirinya adalah kordinator di dalam tim tersebut. Sedangkan pemain bintang yang berada dalam sebuah tim Nasional dengan jumlah pemain bintang yang cukup banyak justru mengalami kesulitan dalam melakukan serangan serta membentuk pertahanan yang kuat. Bahkan yang seharusnya berjalan mudah justru menjadi tidak terkendali.


Hasil kesimpulan dari pembahasan  adalah peran pemain bintang telah dilaksanakan dengan optimal dan efektif namun kegagalan dalam sebuah tim bukan di sebabkan karena kurang optimalnya pemain bintang dalam melaksanakan perannya melainkan di sebabkan faktor-faktor lain yang terjadi pada setiap pertandingan.


 


Kata kunci: Sepak bola, pemain bintang, kolektifitas dan efektifitas.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.