HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN (HB) DENGAN KEBUGARAN JASMANI PADA TIM SEPAKBOLA PUTRA USIA 18 TAHUN ELFAZA FC SURABAYA

SYAIFUL ARIF

Abstract


Abstrak


Salah satu faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani adalah kadar hemoglobin. Sekolah sepakbola merupakan wadah bagi pemain untuk meningkatkan kebugaran jasmani yang secara tidak langsung dipengaruhi oleh tingkat kadar hemoglobin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan kadar hemoglobin dengan kebugaran jasmani dan mengetahui besarnya hubungan antara kadar hemoglobin dengan kebugaran jasmani, agar pelatih dapat memberi porsi latihan yang cukup dan sesuai dengan kebugaran jasmaninya masing – masing dan agar kadar hemoglobin pemain tetap dalam keadaan normal.


Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen melalui pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Desain korelasional tujuannya adalah menghubungkan dua variabel atau lebih. Hubungan antar variabel yang digunakan adalah hubungan sebab akibat, terjadi apabila variabel yang satu menjadi penyebab variabel yang lain. Sample dalam penelitian ini adalah seluruh pemain sepakbola putra usia 18 tahun Elfaza Surabaya dengan jumlah sampel sebesar 23 pemain. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes MFT dan tes pengambilan darah. Korelasi Product Moment digunakan untuk analisis data.


Berdasarkan hasil analisis diketahui nilai terendah tes kadar hemoglobin adalah 12.3, sedangkan nilai tertingginya 17.0. Nilai rata – rata sebesar 14.782 dengan standar deviasi sebesar 1.391. Nilai terendah tes kebugaran jasmani adalah 29.10 dan tertingginya adalah 49.90. Hasil tes  kebugaran jasmani mempunyai rata – rata sebesar 44.704 dengan standar deviasi 6.981. Hasil korelasi  Product Moment menunjukkan bahwa hasil korelasi sebesar 0.744 dan taraf signifikasi sebesar 0.0000744. Dapat diketahui hasil koefisien determinasi sebesar 55.35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kadar hemoglobin dengan kebugaran jasmani pada pemain sepakbola putra usia 18 Tahun Surabaya yaitu sebesar 55.35% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.


Kata Kunci: kadar hemoglobin, kebugaran jasmani, Sepakbola


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.