ANALISIS MOTIVASI PADA KOMUNITAS MASYARAKAT PELAKU OLAHRAGA REKREASI BOLAVOLTIK DI KECAMATAN PACET

YANNIS ROBBY PRAMADYA

Abstract


ANALISIS MOTIVASI PADA KOMUNITAS MASYARAKAT PELAKU OLAHRAGA REKREASI BOLAVOLTIK DI KECAMATAN PACET


Nama: Yannis Robby Pramadya


NIM: 12060484060


Program Studi : S1 Ilmu Keolahragaan


Jurusan: Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi


Fakultas : Ilmu Keolahragaan


Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya


Pembimbing: Dr. Andun Sudijandoko, M.Kes.


Motivasi merupakan salah satu faktor penentu sebagai pendorong tingkah laku manusia, sehingga dengan adanya motivasi seseorang dapat mendorong dirinya untuk lebih giat berlatih dan mencapai hasil yang maksimal. Dengan adanya motivasi tersebut akan mendorong seseorang untuk berlatih, bekerjakeras, dan dapat bertahan lebih lama dalam mengikuti suatu kegiatan atau latihan.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi intrinsik dan ekstrinsik pada komunitas masyarakat pelaku olahraga rekreasi bolavoltik di Kecamatan Pacet.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan berupa angket. Subjek penelitian yang digunakan adalah masyarakat pelaku olahraga rekreasi bolavoltik di Kecamatan Pacet sebanyak 60 orang.


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab IV dapat diambil simpulan bahwa motivasi pada komunitas masyarakat pelaku olahraga rekreasi bolavoltik di Kecamatan Pacet tergolong sangat besar atau sangat baik. Dilihat dari jenis motivasinya menunjukkan bahwa motivasi intrinsic untuk mengikuti olahraga rekreasi bolavoltik di Kecamatan Pacet lebih besar daripada motivasi ekstrinsik. Rata-rata motivasi intrinsic sebesar 84% dalam predikat sangat baik sedangkan motivasi ekstrinsik sebesar 66% dalam predikat baik. Motivasi intrinsik pada komunitas masyarakat pelaku olahraga rekreasi bolavoltik di Kecamatan Pacet yang tergolong besar karena merupakan kebutuhan, harapan, minat, dan kesenangan, sedangkan motivasi ekstrinsik yang tergolong besar karena keluarga, lingkungan, dan imbalan.


 


Kata Kunci: Motivasi intriksik, Motivasi ekstrinsik, Olahraga rekreasi bolavoltik (bolavoli plastik), Kecamatan Pacet.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.