TINGKAT CAPABILITY MOTORIC SISWA KELAS VIIMTs. NURUL ISLAM JABON- MOJOKERTO(Studi pada siswa MTs. Nurul Islam Jabon, Kec.Pungging, Kab.Mojokerto)

DIAN DEVINA

Abstract


Dian Devina, Andun Sudijandoko
Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya
Abstrak
Motorik merupakankemampuan yang sangat vital dalam kehidupan manusia.Sejak bayi, kanak- kanak hingga dewasa perkembangan motorik sangat mempengaruhi perkembangan secara keseluruhan baikfisik, intelektual, social dan emosional. SiswMTs.Nurul Islam Jabon Pungging Kab. Mojokerto merupakan siswa yang mayoritas tidak aktif dalam mengikuti kegiatan yang diadakan sekolah, jelas sekali jika itu sangat mempengaruhi tingkat kemampuan motorik siswa MTs. Nurul Islam Pungging. Maka perlu adanya tes pengukuran untuk mengetahui tingkat kemampuan motorik siswa terutama pada kelas VII MTs. Nurul Islam Jabon Pungging.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan objek atau subyek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Dengan tujuan menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek yang diteliti secara tepat.
Berdasarkan hasil peneliti yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa siswa kelas VII MTs.Nurul Islam Jabon Pungging Kab. Mojokerto memperoleh hasil tes standing broad jump dengan kondisi kurang sekali100%, softball Throw dengan kondisi baik sekali 100%, zigzag run dengan kondisi baik sekali100%. Wallpass dengan kondisi baik sekali 23.8%, kondisi baik 25.3%, kondisi cukup 9.5 %, kondisi kurang 14.2%, kondisi kurang sekali 4.7%. lari 50 meter dengan kondisi sedang 66.6%, kondisi kurang 28.5%, kondisi kurang sekali 4.7%.
Setelah dilakukan perhitungan better tes dari kelima item tes kemampuan motirik siswa dapat disimpulkan dengan siswa AF dengan hasil 112 adalah nilai tertinggi dengan kategori baik, dan hasil nilai terendah siswa MJ dengan hasil 76 dengan kategori kurang sekali. Sehingga dapat disimpulakan bahwa siswa kelas VII MTS. Nurul Islam Jabon Pungging- Mojokerto telah mampu melakukan tes motorik dengan kategori rerata kurang.
Kata kunci; Tinggkat, kemampuan Motorik, Kategori


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.