KONTRIBUSI PANJANG BETIS, PANJANG PAHA, DAN DAYA LEDAK TUNGKAI TERHADAP AKURASI MENENDANG PADA PEMAIN SEPAKBOLA(Studi pada Pemain Sepakbola BIMA AMORA U-16 Gresik)

MOHAMAD YUSUF DITYA

Abstract


Mohamad Yusuf Ditya, M. Nur Bawono S. Or, M. Kes
Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya
Abstrak
Untuk medapatkan hasil tendangan akurasi pada pemain sepakbola maka dituntut memiliki struktur tubuh yang ideal serta kemampuan fisik yang seimbang dari setiap atlet. Salah satu teknik dasar yang harus dikuasai adalah kemampuan menendang agar memperoleh tingkat akurasi maksimal untuk mencetak gol. Oleh karena itu setiap atlet harus mempunyai struktur tubuh yang menunjang serta komponen fisik yang mendukung pada akurasi tendangan, seperti : panjang betis, panjang paha dan daya ledak tungkai. Fenomena yang terjadi adalah banyak atlet mempunyai kemampuan yang kurang dalam menendang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang kontribusi panjang betis, panjang paha dan daya ledak tungkai terhadap akurasi tendangan, baik secara individual dan berkelompok, sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan pengukuran antropometri panjang betis, panjang paha, tes daya ledak tungkai dan tes akurasi tendangan.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1). Terdapat kontribusi signifikan antara variabel antropometri panjang betis terhadap akurasi tendangan, secara individual variabel panjang betis mempunyai kontribusi sebesar 41 % terhadap akurasi tendangan. 2). Terdapat kontribusi tidak signifikan antara variabel antropometri panjang paha terhadap akurasi tendangan, secara individual variabel panjang paha mempunyai kontribusi sebesar 9,7 % terhadap akurasi tendangan. 3). Terdapat kontribusi signifikan antara variabel daya ledak tungkai terhadap akurasi tendangan secara individual variabel daya ledak tungkai mempunyai kontribusi sebesar 59,2% terhadap akurasi tendangan. 4). Terdapat kontribusi signifikan antara variabel antropometri panjang betis, panjang paha dan daya ledak tungkai terhadap akurasi tendangan, secara kelompok variabel antropometri panjang betis, panjang paha dan daya ledak tungkai mempunyai kontribusi sebesar 63,1 % terhadap akurasi tendangan.
Kata Kunci : Panjang betis dan paha, daya ledak, akurasi


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.