ANALISIS GERAK NOMOR LARI SPRINT 100 METER PUTRA CABANG OLAHRAGA ATLETIK (Studi Kasus Pada Usain Bolt Di Kejuaraan International Association Of Athletics Federation Berlin Tahun 2009)

CICI DIAH LUTFI NURHAYATI, ACHMAD WIDODO

Abstract


ABSTRAK

Salah satu yang paling dinanti dan paling bergengsi dalam cabang olahraga atletik adalah lari jarak pendek (sprint) nomor 100 meter. Rekor dunia dalam lari 100 meter sampai sekarang adalah Usain Bolt yang diraih pada Kejuaraan International Association of Athletics Federations (IAAF) di Berlin tahun 2009 dengan catatan waktu 9,58 detik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecepatan dan gerakan biomekanik nomor lari sprint pada final 100 meter Usain Bolt di Kejuaraan International Association of Athletics Federations (IAAF) di Berlin tahun 2009.

Metode penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik non tes menggunakan observasi. Sumber data pada penelitian ini adalah video final 100 meter putra pada subyek Usain Bolt di Kejuaraan International Association of Athletics Federations (IAAF) di Berlin tahun 2009. Teknik analisis data dengan observasi menggunakan bantuan dari aplikasi analisis gerak yaitu aplikasi kinovea.

Hasil Penelitian ini adalah dalam menempuh jarak 100 meter Usain Bolt ditempuh dengan waktu 9,58 sec, dengan interval waktu 0,83 sec yang menghasilkan kecepatan rata-rata tertinggi 12,35 m/s dengan panjang langkah tertinggi 2,77 m dengan sudut 125º diraih pada jarak 80 m, dan rata-rata panjang langkah 2,65m sehingga menghasilkan total frekuensi langkah 41 steps.

Kata kunci : Analisis Gerak, Kecepatan, Sudut Langkah Kaki,Panjang Langkah, FrekuensiLangkah, Sprint 100 meter

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.