ANALISIS FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT PRESTASI ATLET 400 METER PADA TINGKAT PELAJAR (STUDI KASUS PADA JUARA 400 METER KEJURNAS ANTAR PPLP JAYAPURA-PAPUA IFAN ANUGRAH DAN KURNIAWAN EKO)

EKKY SUSANTI, PUDJIJUNIARTO

Abstract


Abstrak

Cabang olahraga atletik merupakan salah satu cabang olahraga populer dan asli dari bangsa Indonesia. Ini dibuktikan dengan banyaknya pencapaian prestasi. Salah satu prestasi di Jawa Timur PPLP Kota Kediri pelari 400 meter Ifan Anugrah dan Kurniawan Eko. Kedua atlet tersebut memiliki kemampuan pada lari 400 meter pada tingkat pelajar banyak fakto-faktor yang mempengaruhi atlet tersebut. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian yang berjudul analisis faktor pendukung dan penghambat prestasi atlet 400 meter pada tingkat pelajar (Studi Kasus Pada Juara 400 Meter Kejurnas Antar PPLP Jayapura-Papua Ifan Anugrah dan Kurniawan Eko)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat prestasi atlet tingkat pelajar pada juara 400 meter Kejurnas Nasional antar PPLP Jayapura-Papua (Studi Kasus Pada Juara 400 Meter Kejurnas Antar PPLP Jayapura-Papua Ifan Anugrah dan Kurniawan Eko). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-Eksperimen dengan metode penelitian analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan pengambilan data berupa survey dan angket.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk menjawab rumusan masalah. Faktor pendukung Ifan Anugrah meliputi berat badan, tinggi badan, panjang tungkai, saturasi oksigen motivasi berprestasi, dan lingkungan. Faktor penghambat Ifan Anugrah meliputi tekanan darah dan denyut nadi. Faktor pendukung Kurniawan Eko meliputi berat badan, saturasi oksigen, denyut nadi, dan motivasi berprestasi dan lingkungan. Faktor penghambat Kurniawan Eko meliputi tinggi badan, tekanan darah dan lingkungan.

Kata kunci : faktor pendukung, penghambat, atletik


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.