PERAN EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PENINGKATAN PENDIDIKAN BERKARAKTER BAGI PJOK

AULIA RAHMAWATI, DITA YULIASTRID

Abstract


Pendidikan karakter saat ini merupakan hal terpenting dalam pendidikan di indonesia. Pendidikan karakter dapat dilakukan dalam berbagai kegiatan diantaranya kegiatan experiential learning dalam bentuk outbound. Oleh karenanya, penulis tertarik meneliti Outbound sebagai salah satu bentuk Experential Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran experiential learning dalam peningkatan pendidikan berkarakter bagi PJOK. Subjek penelitian ini adalah PJOK, yang dimaksud adalah pendidikan berpetualang yang merupakan pengembangan dari kurikulum PJOK. Penulis menjadikan peserta Outbound Sherpa Camp sebagai objek penelitian, sumber data yang diangap memenuhi karakteristik penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan penyelengara experiential learning (outbound). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun olah dan analisa data dimulai dari reduksi data, display data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Experiential learning dengan outbound memiliki peran meningkatkan pendidikan berkarakter bagi PJOK. (2) Kegiatan experiential learning dengan Outbound sebagai sarana mengembangkan karakter anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya dampak positif yang ditimbulkan berupa karakter bertanggung jawab yang paling dominan setelah kegiatan experiential learning dengan outbound.(3) Sumber daya yang mendukung dan menghambat experiential learning dalam peningkatan pendidikan berkarakter bagi PJOK sangat beragam. Namun semua itu mampu diatasi karena team penyelenggara experiential learning telah membuat perencanaan yang sangat matang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa experiential learning berperan meningkatkan pendidikan berkarakter bagi PJOK.

Kata kunci : experiential learning, outbound, pendidikan karakter, PJOK


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.