KAJIAN AKSIOLOGI SPORT TRAIN RUN DI KABUPATEN BANYUWANGI MELALUI PENDEKATAN FENOMENOLOGI (Kajian Nilai-Nilai Ecology)

NANANG WIJATMIKO, MADE PRAMONO

Abstract


Aksiologis merupakan teori nilai karena merupakan cabang filsafat yang berusaha untuk menjawab pertanyaan: apa yang terkait dengan nilai? nilai merujuk terutama kepada hal yang kita hargai, inginkan atau kita butuhkan. Trail run merupakan sebuah kegiatan olahraga yang menggabungkan dua aktivitas yaitu mendaki gunung dan berlari. Kegiatan trail run dilakukan di gunung yang memiliki trek berupa jalan setapak, berupa batu-batu tanah, atau campur pasir dan kerikil. Tujuan Mengidentifikasi dan merumuskan nilai-nilai yang terdapat pada olahraga rekreasi trail run dan mengetahui konsep strategi pengelolaan sport ecology pada eventtrail run di Kabupaten Banyuwangi.

Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan sampel atau sumber data pada penelitian ini dilakukan secara purposive dan untuk ukuran sampel tersebut ditentukan secara snowball, taknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan), Teknik analisis data terdapat prosedur penting dalam melaksanakan studi fenomenologi.

Hasil penelitian dengan menggunakan fenomenologi, maka dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai yang terdapat pada event trail run di Kebupaten Banyuwangi merupakan bentuk nilai kontribusi positif pada masyarakat. Bentuk nilai nya antara lain sebagai berikut; (1) nilai politik secara setruktural, (2) nilai ideologi secara sosialisme, (3) nilai sosial intelektual dan budaya gotong royong, (4) nilai tanggung jawab secara moralitas, (5) nilai essensial. Hasil pada analisis lainnya merupakan bentuk dari teori etika lingkungan pada sport ecology yang juga bentuk dari sport trail run di Kabupaten Banyuwangi. Dari analisis penelitian, antroposentris dominan berada pada titik pola pikir manusia yang dinamakan mahkluk sosial, sedangkan biosentris dan ekosentris yang merupakan kemajuan teori etika lingkungan tidak pada porsi yang tepat pada kalangan yang seharunya mengetahuinya. Konsep strategi pada sport ecology event trail run tersebut ada beberapa vase yakni; sebelum event, pada saat event dan sesudah event, yang merupakan bentuk tanggung jawab dari pelaksanaan event tersebut.

Kata Kunci :Aksiologis, Sport Trail run dan fenomenologi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.