TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ANGGOTA BADAN SAR NASIONAL SURABAYA

FAHMI SIROJUDDIN

Abstract


FAHMI SIROJUDDIN


Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya


 


Abstrak


Kebugaran jasmani adalah kapasitas fungsional total seseorang untuk melakukan suatu kerja tertentu dengan hasil yang baik dan memuaskan, tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Tujuan dari penelitian adalah: untuk mengetahui upayah anggota BASARNAS Surabaya dalam meningkatkan kebugaran jasmani personilnya, dan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani anggota BASARNAS Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei langsung ke tempat penelitian. Tempat pelaksanaan penelitian survei adalah di lapangan BASARNAS Surabaya dengan menggunakkan instrumen multistage fitness tes (MFT) untuk mengetahui kadar VO2max.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anggota BASARNAS Surabaya yang memiliki kebugaran jasmani dengan kategori baik sekali 0%, baik 30%, sedang 25%, kurang 30%, kurang sekali 15%. Sedangkan upaya BASARNAS Surabaya untuk meningkatkan kebugaran jasmani anggotanya adalah dengan mengadakan latihan maupun pendidikan baik yang secara mingguan maupun tahunan.


Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Kurangnya upaya tersendiri personil BASARNAS Surabaya untuk meningkatkan kebugaran jasmaninya, sehingga hanya mengandalkan upaya peningkatan kebugaran jasmani yang dilakukan oleh BASARNAS Srabaya. Kurangnya frekuensi latihan yang diadakan oleh BASARNAS Surabaya yang bertujuan untuk peningkatan kebugaran jasmani anggotanya.


Kata kunci: BASARNAS dan tingkat kebugaran jasmani.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.