ANALISIS PENGARUH METODE UNTUK PENGINDEKSAN BUKU OTOMATIS (INFLUENCE ANALYSIS METHODS FOR AUTOMATIC BOOK INDEXING)

I Gusti Lanang Putra Eka Prismana, Daniel Oranova Siahaan, Ahmad Saikhu

Abstract


Abstrak

Salah satu sumber dalam mencari pengetahuan atau informasi adalah Buku. Buku merupakan  salah satu bentuk komunikasi tertua yang berupa tulisan. Saat ini, buku tidak hanya terdapat di dalam media kertas saja, tetapi juga sudah ada di media elektronik (file). Tidak semua buku terdapat indeks buku, Untuk membuat indeks dibutuhkan waktu yang relatif  lama dan tenaga ahli / profesional dalam menyusunnya. Bagian terbesar dari indeks buku menjadi konsep penting yang berkaitan dengan buku tersebut dan memberikan informasi halaman terkait dengan konsep tersebut. Banyak metode yang dapat digunakan untuk melakukan pengindeksan buku secara otomatis.

Metode untuk melakukan penghitungan pengaruh pada masing-masing metode dengan menggunakan infogain. Kelima metode yang akan diuji adalah informativeness, phraseness, syntactic, first position of occurence, dan tesaurus. Kelima metode ini yang merupakan metode unggulan dari penelitian yang dilakukan oleh Csomai (Csomai dan Mihalcea, 2008) dan Medelyan (Medelyan dan Witten, 2009).

Metode informativeness mempunyai dampak yang cukup signifikan pada penelitian ini. Berikutnya metode syntactic, dan tesaurus berada di peringkat selanjutnya. Penggunaan ketiga metode tersebut yang memberikan sumbangsih terbesar pada proses pengindeksan otomatis.

Metode phraseness dan FPOC ternyata tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap proses pengindeksan otomatis. Detail implementasi diyakini merupakan faktor kunci dalam peningkatan pengaruh masing-masing metode.

 

Kata kunci: Pengindeksan buku otomatis, informativeness, phraseness, syntactic, first position of occurence, tesaurus


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.