APLIKASI PEMBUATAN DESAIN SARUNG PALEKAT

Anita Qoiriah

Abstract


Tuntutan akan corak produk sarung yang lebih variatif dan menarik sangat didorong oleh semakin sengitnya persaingan produk di pasar. Ini berarti desainer dituntut untuk menghasilkan corak produk yang bukan saja bagus ditinjau dari kaca mata seni, tetapi juga bervariasi dan sesuai dengan keinginan konsumen.Dengan menyadari tuntutan dan permasalahan tersebut di atas maka cara-cara manual dalam melakukan proses desain sarung selayaknya tidak lagi dipertahankan. Adanya program komputer yang mampu memberikan media dan alat bantu bagi desainer dalam menuangkan ide-ide kreatifnya secara cepat dan tepat adalah suatu keharusan dalam kondisi persaingan pasar yang sangat ketat, lebih-lebih lagi jika perusahaan ingin tetap mempertahankan bahkan menguatkan  posisi produknya.Aplikasi ini dirancang untuk tujuan desain  sebuah produk sarung.

Kain sarung mempunyai 3 bagian dasar yang terdiri dari tepi, corak dan tumpal. Tepi sarung biasanya mempunyai jumlah benang dan ketebalan benang  yang lebih daripada corak sarung. Corak sarung sendiri mempunyai corak yang dikenal dengan istilah dasar dan kembang. Sedang tumpal merupakan corak yang biasanya berada ditengah sarung.Dalam pembuatan desin sarung ini diperlukandata jenis benang dan data warna benang. Jumlah warna benang yang bisa dibuat hampir tak terbatas (sesuai dengan kemampuan monitor yang dipakai) sehingga desainer bisa membuat komposisi warna-warna baru untuk keperluan pembuatan desain. Karena sarung merupakan hasil tenun, maka dalam membuat desain sangat tergantung dari variasi benang lusi dan benang pakan.

Dalam pembuatan desain sarung ini, desain untuk corak, tepi dan tumpal dibedakan, karena masing-masing mempunyai aturan tersendiri.Desain yang dilakukan meliputi desain ke arah lusi dan desain ke arah pakan. Jika diambil sebuah sarung dengan lubang sarung berada diatas dan bawah, maka arah Lusi disini adalah arah melebar atau kiri-kanan sedangkan arah pakan adalah arah memanjang atau ke bawah.Penulisan urutan warna dan jumlah benang pada masing-masing desain ini disebut dengan Script. Hasil desain sarung adalah hasil generate dari script yang sudah ditulis.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.