PENGEMBANGAN APLIKASI TERPADU UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN DAN AKSES MAHASISWA TERHADAP RUANG BACA DENGAN QR CODE

Agus Prihanto, Dwi Fratrianto

Abstract


Abstrak

Koleksi buku di ruang baca Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik - Universitas Negeri Surabaya tiap tahunnya terus bertambah namun tidak diiringi dengan pengelolaan sistem informasi yang terkomputerisasi. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk membuat Aplikasi Terpadu Ruang Baca yang yang dilengkapi QR Code.

Metode pengembangan software yang digunakan menggunakan waterfall yang terdiri dari 5 tahapan yaitu requirement, design, implementation, verification dan maintenance.

Pada penelitian ini telah di hasilkan 2 modul aplikasi ruang baca yaitu (1) RBAdmin digunakan oleh admin pengelola/pustakawan untuk memasukkan data buku, data anggota, transaksi simpan pinjam buku, pemantauan jumlah pengunjung, mengetahui jumlah buku yang masuk, mengetahui saran dari pengunjung, mengetahui buku-buku yang masih dipinjam dan dapat mencetak kode QR untuk kartu anggota dan no induk buku sedangkan aplikasi yang ke (2) Katalog digunakan oleh pengunjung untuk melakukan pencarian buku, melakukan absensi dengan kartu anggota, penyerahan buku dan memberikan saran ke pengelola ruang baca. Berdasarkan pengujian barcode 1 dimensi menggunakan Code128 Vs barcode 2 dimensi menggunakan QRCode dihasilkan ukuran dimensi QR Code jauh lebih kecil dibandingkan Code128. Jika data yang disisipkan semakin besar maka Code128 cenderung semakin melebar secara horisontal. Hal ini berbeda dengan QR Code yang melebar secara horisontal dan vertikal sekaligus jika data yang disisipkan semakin besar.

Kata kunci: Ruang Baca, Aplikasi Terpadu, Waterfall, QR Code.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.