RANCANG BANGUN ENSIKLOPEDIA DIGITAL SENI DAN BUDAYA INDONESIA BERBASIS WEB

HENDRY SETIAWAN

Abstract


Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan budaya dan tradisi. Setiap provinsi memiliki ciri khas yang berbeda. Keanekaragaman ini menjadi ciri khas bangsa yang patut kita lestarikan. Sebagai kekayaan bangsa, sudah seharusnya seni dan budaya tersebut dilestarikan dan dikenalkan ke seluruh warga negara Indonesia. Pengetahuan mengenai ragam seni dan budaya nusantara sebaiknya dilakukan sejak usia dini, misalnya sejak usia sekolah dasar.  Dimana pengertian dari Kebudayaan sendiri adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan belajar (Koentjoroningrat (1985: 180).


Pembangunan website ensiklopedia digital seni dan budaya ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database Mysql. Data yang diperoleh merupakan salinan dari buku yang berjudul “Ensiklopedia Seni & Budaya Nusantara” Serta mengunakan tambahan dari sumber digital (misalnya website, blog, ebook dan sebagainya). Website ini menampilkan data - data seni dan budaya Indonesia berupa tulisan, gambar, suara dan video. Sehingga memudahkan pengguna untuk mengetahui seni dan budaya Indonesia secara mendalam.


Dengan menggunakan website ini pembaca dapat mengetahui bermacam - macam budaya serta tempat wisata di seluruh provinsi di indonesia, sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang budaya dan kesenian di negeri sendiri.


Kata kunci:ensiklopedia  digital, seni dan budaya indonesia, 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.