RANCANG BANGUN E – VOTING BERBASIS WEBSITE DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Dio Lavarino

Abstract


     Pemungutan suara (voting) merupakan suatu kegiatan  pemilihan umum yang dilalukan dimana saja dan di seluruh Negara, khususnya pada Universitas Negeri Surabaya, Sehingga perlu dibudayakan sistem pemungutan suara dengan baik untuk kegiatan pemilihan suara. Pemungutan suara yang berlangsung selama ini di UNESA masih menggunakan sistem manual, seperti dengan menggunakan kertas, pencoblosan, dan pencelupan jari ke tinta, sehingga mengakibatkan kurangnya peminat dalam proses pemilihan suara. Hal ini mengakibatkan suara yang terkumpul hanya sedikit.


Pada Rancang Bangun E-voting di Universitas Negeri Surabaya ini dibangun dengan menggunakan PHP dan MySQL. Selain itu, sistem ini dibangun menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi wawancara voting.


Rancang bangun E-voting ini berbasis web mempunyai kemampuan dapat diakses dimanapun tetapi proses pemilihan tetap didalam bilik. Dalam sistem ini hasil yang diperoleh dari Rancang Bangun E-voting di Universitas Negeri Surabaya dari empat bagian penting yaitu, sistem pendaftaran calon pemilih, sistem pemilihan suara, sistem perhitungan suara, dan sistem cetak hasil pemilihan serta terdapat dua hak akses yaitu admin, user calon pemilih.


Kata kunci : Pemilihan suara, Rancang Bangun E-voting


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.