SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENANGANAN PERMINTAAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PT. CROSS NETWORK INDONESIA BERBASIS DESKTOP

Miftakhudin

Abstract


Sulitnya pimpinan PT. Cross Network Indonesia dalam menentukan prioritas permintaan pelanggan manakah yang akan dikerjakan terlebih dahulu membuat semua pekerjaan menjadi tidak terselesaikan dengan sempurna. Hal ini terlihat dari beberapa keluhan pelanggan yang merasa bahwa permintaanya tidak segera diatasi dengan cepat. Oleh karena itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan penanganan permintaan pelanggan.


Tentunya dalam menentukan permintaan pelanggan manakah yang akan dikerjakan terlebih dahulu, sistem memerlukan beberapa kriteria, antara lain, tingkat kesulitan penanganan, jarak lokasi pelanggan, estimasi biaya pengerjaan (transportasi), estimasi waktu pengerjaan, dan lama berlangganan. Kriteria kemudian diolah oleh sistem dan keluarannya berupa rangking permintaan pelanggan manakah yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Sistem ini akan berbasis desktop dengan menggunakan softwareMicrosoft Visual Studio dengan database MySQL.


Hasil ujicoba sistem ini memperlihatkan sistem ini dapat memudahkan tugas pimpinan dan karyawan, selain itu sistem ini juga dapat membuat pelanggan menjadi puas dengan pelayanan perusahaan, karena semua permintaan akan dilayani dengan cepat tanpa harus menunggu berhari-hari tanpa kepastian.


Kata Kunci : Pelayanan, Permintaan Pelanggan, AHP, Sistem Pendukung Keputusan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.