MEMBANGUN JARINGAN INTRANET DENGAN MELEWATKAN VLAN DIATAS VPN MENGGUNAKAN METODE PPTP BCP

Vidi Dwi Septiardi

Abstract


Internet sudah menjadi kebutuhan wajib bagi organisasi atau perkantoran, Terutama kantor yang memiliki cabang yang jaraknya jauh dengan kantor pusat. Untuk menghubungkan antar perusahaan yang  saling berjauhan agar tetap dapat bertukar informasi atau data bisa menyewa leased line namun memerlukan biaya yang cukup mahal.


Dari permasalahan tersebut penulis memunculkan gagasan memanfaatkan tunneling diatas internet. Internet merupakan jaringan publik yang telah tersebar luas dan mendunia sehingga dapat digunakan dengan mudah. Sebuah teknologi komunikasi Virtual Private Network yang memungkinkan jaringan komputer dimana antar perangkatnya terhubung memanfaatkan jaringan publik(internet) sehingga diperlukan koneksi internet pada masing-masing kantor pusat dan cabang. Setiap kantor pusat dan cabang memiliki 3 departement yang berbeda. Setiap departement nantinya akan di pisah menjadi beberapa segment seperti departement admin dengan departement admin saja yang dapat terhubung. Untuk itu dapat menggunakan metode Bridge Control Protocol  yang memungkinkan untuk meneruskan paket melalui tunneling Point-to-Point Tunneling Protocol(PPTP) dan untuk memisahkan departement antar kantor pusat dan cabang dapat menggunakan jaringan Virtual Local Area Network(VLAN) yang nantinya setiap departement diberikan identitas(ID) sesuai dengan departement yang ada pada kantor pusat dan cabang.


Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya internet yang terhubung pada setiap kantor pusat dan cabang dapat dimanfaatkan sebagai media penghubung untuk membentuk koneksi tunnel VPN. Setelah VPN tunnel terbentuk, rute yang dilalui antara kantor pusat dengan kantor cabang seperti berada pada satu jaringan LAN yang sama dan juga dengan menggunakan metode VLAN dapat membuat segment jaringan lebih kecil seperti halnya sesama departement dapat saling terhubung dan jika berbeda departement ingin saling terhubung maka kedua departement yang berbeda tersebut harus menggunakan default gateway yang menuju ke router kantor masing-masing departement.


Kata kunci : Virtual Private Network, Virtual Local Area Network, Point-to-Point Tunnel Protocol, Bridge Control Protocol.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.