RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PRAKTIK INDUSTRI DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNESA BERBASIS WEBSITE

ARIES ANDREE BAGUS SETYAN PRAMONO

Abstract


Skripsi/Tugas Akhir/PI adalah persyaratan untuk mendapatkan gelar Sarjana (S1) atau Diploma (D3) disetiap Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta yang ada di Indonesia. Setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah PI atau Praktik Industri harus melakukan bimbingan kepada dosen pembimbing masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat Sistem Informasi Praktik Industri diJurusan Teknik Informatika supaya memudahkan komunikasi mahasiswa dengan dosen pembimbing dalam bimbingan Praktik Indutri , dan memudahkan Mahasiswa untuk memulai dari awal Praktik industri/Magang sehingga sampai tahap akhir yaitu sidang PI yang dilaksanakan dijurusan Teknik Informatika.


Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan terstruktur yang menggunakan beberapa alat bantu dan teknik pengerjaan, seperti flowcart, flowmap, Data Flow Diagram ( DFD ), Conceptual Data Model (CDM), dan Pysical Data Model ( PDM ). Perangkat lunak yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi akademik ( Praktik Industri ) ini adalah XAMPP, Sublime, DIA, dan Power Designer.


Hasil akhir dari penelitian ini adalah program aplikasi berbasis web yang dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai Sistem Informasi Praktik Industri dan dosen penasehat akademik pada Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Admin/Biro PI dapat menginput data mahasiswa, data dosen, data user. Mahasiswa dapat menginput daftar PI ,melihat daftar dosen pembimbing,Mahasiswa juga dapat mengunggah / upload bukti balasan dari perusahaan dan Persyaratan dari Fakultas , dan Mahasiswa dapat mendownload berita acara setelah memenuhi syarat PI yang ditentukan dijurusan Teknik Informatika. Dosen dapat menginput nilai mahasiswa yang dibimbing dan mahasiswa yang diuji,Dosen dapat melihat daftar Mahasiswa,nilai Mahasiswa yang dibimbing.


Kata kunci : Sistem Informasi, Web,Praktik Industri


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.