RANCANG BANGUN APLIKASI HELPDESK (A-DESK) BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS DI PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA)DESIGN BUILD HELPDESK APPLICATIONS (A-DESK) BASED WEB USING FRAMEWORK LARAVEL (CASE STUDY IN SURYA SEMBADA MUNICIPAL WATERWORK OF SURABAYA )

DELIA MEDIANA

Abstract


Abstrak

Tuntutan terhadap informasi untuk memenuhi kebutuhan mendorong terbentuknya suatu aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan informasi tersebut. Salah satu aplikasi tersebut adalah aplikasi helpdesk. Aplikasi helpdesk adalah aplikasi yang menghubungkan pengguna dengan teknisi dalam mengatasi suatu permasalahan.

Aplikasi helpdesk tersebut diimplementasikan berdasarkan analisis dan desain sistem yang sudah dibuat. Aplikasi tersebut dibangun menggunakan teknologi postgreSQL dan framework laravel, dan menggunakan metode Rapid Application Manajemnet (RAD).

Selanjutnya, tahap pengujian aplikasi helpdesk menggunakan black box testing yang dibuktikan dengan kuesioner. Hasil kuesioner yang didapatkan antara 60% sampai 80% pada setiap pernyataaan yang diajukan. Interval hasil perolehan kuesioner termasuk kategori setuju. Sehingga dapat disimpulkan bahwa user setuju implementasi aplikasi helpdesk sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kata kunci : manajemen pengaduan masalah, monitoring data pengaduan, dan hepdesk.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.