Rancang Bangun Aplikasi Pesan Antar Makanan Cepat Saji Berbasis Website (Studi Kasus : M2M Indonesia Cabang Sidoarjo)

MOCHAMAD NANDA FATAHILLAH RISZKY

Abstract


Abstrak

Dengan berkembangnya bisnis di bidang kuliner yang semakin pesat serta persaingan antar pengusaha bisnis makanan cepat saji yang mengunggulkan keunikan, kualitas, kinerja dan pelayanan menjadi pertimbangan tersendiri bagi konsumen. Konsumen ingin mencari cara yang praktis dalam memesan produk makanan cepat saji, namun belum tersedia layanan pesan antar makanan cepat saji melalui website ataupun via sms. Dan di website resmi M2M Indonesia ternyata belum tersedia layanan pesan antar makanan cepat saji yang menyulitkan konsumen untuk memesan makanan cepat saji.

Untuk menangani permasalahan tersebut penulis menerapkan aplikasi pesan antar makanan cepat saji berbasis website dengan dukungan PHP 5 dan MySQL. Dengan adanya aplikasi ini konsumen dapat melakukan pemesanan makanan cepat saji secara online yang bisa dilakukan dimana saja dengan alat komunikasi seperti handphone, gadget, laptop dan komputer. Aplikasi pesan antar ini tidak hanya menyediakan pesan antar secara online, konsumen yang sudah tiga kali melakukan pemesanan secara online dapat melakukan pesan melalui fasilitas SMS Gateway dengan dukungan Gammu.

Hasil pengujian dapat menggunakan sistem operasi Windows 7 hingga Windows 8.1 dan browser Firefox, Google Chrome, Opera dan Internet Explorer dengan hasil implementasi desain antar muka yang membuat aplikasi pesan antar makanan cepat saji ini sangat memudahkan pengguna. Seperti pada aplikasi pada umumnya pengguna harus memiliki akun user untuk dapat melakukan pemesanan makanan cepat saji dan dapat memanfaatkan fasilitas pemesanan via SMS dengan syarat konsumen sudah pernah memesan secara online sebanyak 3 kali.

Kata Kunci : Pesan Antar, Online, Website.







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.