PENGEMBANGAN APLIKASI RADIO STREAMING DAN ON-DEMAND BERBASIS WEBSITE DI RADIO SUARA BANGKALAN FM

FIRDAUS SINTA MAULINA

Abstract


Kebutuhan akan informasi semakin berkembang. Radio, merupakan alat komunikasi yang populer pada jamannya. Namun, lambat laun hal ini berkurang karena masyarakat telah beralih pada teknologi yang lain misalnya seperti website. Selain itu, radio sendiri mempunyai kekurangan yakni gelombang FM tidak bisa menembus perbukitan ataupun menghadapi cuaca yang ekstrim. Maka, perlunya teknologi baru yang bisa menutup kekurangan radio konvensional dengan menggunakan streaming.

Dari permasalahan tersebut munculah gagasan untuk membuat aplikasi web yang didalamnya memuat fitur streaming dan fitur tambahan guna membangkitkan eksistensi radio. Metode yang digunakan yakni metode waterfall. Menggunakan framework Laravel untuk membangun website ini serta database MySQL.

Aplikasi ini nantinya akan digunakan oleh para penikmat radio Suara Bangkalan FM agar tidak terhalang oleh faktor geografis dan cuaca. Aplikasi ini juga memuat informasi mengenai berita Bangkalan dan berita tentang Radio SBFM sendiri. Diharapkan nantinya, aplikasi ini dapat menunjang Radio SBFM agar lebih baik dalam memfasilitasi para pendengarnya.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.