APLIKASI UNTUK MENGEVALUASI PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMA NEGERI KESAMBEN JOMBANG

DESI PERMATASARI, Dedy Rahman Prehanto

Abstract


Abstrak


SMA Kesamben adalah sebuah sekolah menengah atas yang menyelenggarakan pendidikan formal. Sebagai institusi penyelenggara pendidikan, tingkat kompetensi peserta didik menjadi hal yang paling penting sebagai bagian dari proses penilaian. Salah satu bentuk dari proses penilaian tersebut adalah dengan melihat aktifitas siswa dalam kegiatan belajar di dalam kelas. Untuk mengetahui keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar adalah dengan cara mengecek nilai siswa. Pengecekan nilai siswa saat ini diselenggarakan dengan cara paper based atau menggunakan kertas secara manual. Guru mengisikan keterangan nilai pada kertas, yang nantinya akan diberikan kepada staf Tata Usaha (TU) yang kemudian akan direkap tiap semester untuk ditulis di buku rapor siswa tiap semester dan diberikan kepada kepala sekolah. Cara ini sangatlah rentan dari berbagai macam kesalahan baik kesalahan teknis (technical error), kesalahan manusia (human error) dan lambatnya memperoleh hasil pembelajaran yang dilakukan guru. Kesalahan dan lambatnya hasil ini akan menyebabkan hilangya berkas ataupun rusak. Untuk pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan model waterfal, yang langkah-langkahnya antara lain : penentuan dan analisis spesifikasi, desain sistem dan perangkat lunak, implementasi dan uji coba unit, integrasi dan uji coba sistem, serta operasi dan pemeliharaan.Hasil penelitian ini berupa aplikasi untuk mengevaluasi proses belajar mengajar ini dapat mengatasi proses pengolahan nilai siswa dan pengambilan keputusan dalam menentukan tingkat keberhasilan guru. Aplikasi ini dapat membantu guru dalam mengolah nilai sehingga mempercepat pekerjaan mereka. Selain itu didalam aplikasi ini terdapat juga grafik nilai siswa dan analisis keberhasilan guru dalam mengajar di setiap kelas maupun di semua kelas yang di ajarkannya.


 


 


Kata kunci: Siswa, Guru, Penilaian, Belajar Mengajar.


 


 


Abstract



Kesamben High School is a high school that organizes formal education . As an institution of education providers , the level of competence of learners to be the most important as part of the assessment process . One form of the assessment process is to look at the activities of students in learning activities in the classroom . To determine the activity of students in participating in learning activities is a way to check student grades . Checking the value of students currently held by paper-based or manually . Teachers fill in the information value of the paper , which will be given to the administrative staff ( TU ) which will then be recapitulated each semester to be written in the student report cards and given to the principal . This method is susceptible of various kinds of errors both technical error and human error also a slow gain learning outcomes that teachers do . Errors and slowness of this result will lead to a loss or corrupted files . For the making of this application is used waterfal models , which steps include: determination and analysis specification , system design and software , implementation and testing of the unit , integration and system testing , as well as operating and maintenance. The conclusion of this research is the application for evaluation of the learning process can overcome the processing of student and decision making in determining the success rate of teachers . This application can help teachers in the process so as to accelerate the value of their work . Also in this application are also graphic analysis of student and teacher success in teaching in every classroom and in every class in taught it .


 


Key Words : Students, Teachers, Scoring, Learning and Teaching


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.