PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 LAMONGAN

BUHADI AZIZ

Abstract


Abstrak


Selama ini guru dalam pembelajaran hanya mengajarkan dengan memberi contoh soal dan menyelesaikannya secara langsung, tidak memberi kesempatan siswa menunjukkan idenya sendiri secara kreatif untuk membuat pertanyaan sehingga hal ini menghambat kemampuan siswa kreatif dalam bertanya. Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan diskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII-G  di SMPN 1 Lamongan dengan menggunakan model pembelajaran pengajuan soal (problem posing).


Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa (Fleksibilitas dan Kefasihan) berdasarkan jumlah pertanyaan persentase peningkatannya 18,75%, sedangkan kualitas pertanyaan 9,1% untuk pertanyaan pemahaman dan 27,77% untuk pertanyaan kausalitas. Untuk peningkatan keterlaksanaan RPP persentasenya dari 79% menjadi 86% atau meningkat 7% dan persentase aktivitas siswa dari 80% menjadi 92,5% atau meningkat 12,5%. Simpulan peneliti bahwa model pembelajaran pengajuan soal (problem posing) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP.


 


Kata Kunci:  Model Pembelajaran Pengajuan Soal (Problem Posing), Berpikir Kreatif.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.