PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS TOPIK PENYIMPANGAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILLS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 BALAESANG KABUPATEN DONGGALA

EDI KUSWANDI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan soft skills dan prestasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran IPS  topik penyimpangan sosial menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Balaesang Kabupaten Donggala Propinsi Sulawesi Tengah. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A berjumlah 28 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar pengamatan soft skills siswa, dan tes prestasi belajar (pre test dan post test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran berdasarkan masalah soft skills dan prestasi belajar siswa meningkat pada tiap siklus, meliputi keterampilan berkomunikasi meningkat  dari siklus I rata-rata 75, pada siklus II menjadi 80; keterampilan berperan serta meningkat dari siklus I rata-rata 76, pada siklus II menjadi 83; keterampilan memecahkan masalah meningkat dari siklus I rata-rata 60, pada siklus II menjadi 79, dan keterampilan empati sosial meningkat dari siklus I rata-rata 79, pada siklus II menjadi 86. Peningkatan prestasi belajar siswa sebagai berikut, pree test diperoleh rata-rata sebesar 67, post test siklus I rata-rata sebesar 80, dan post test siklus II rata-rata sebesar 81. Presentase ketuntasan secara klasikal pree test 46%, ketuntasan klasikal post test siklus I diperoleh 75%, sedangkan ketuntasan klasikal post test siklus II meningkat menjadi 86%.


 


Kata kunci: Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Soft Skills, Prestasi Belajar


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.