PENGGUNAAN MEDIA SINOPSIS BERASPEK MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN APRESIASI KEBERAGAMAN SISWA DI SMP NEGERI 1 SAYAN KABUPATEN MELAWI

SUTARTO

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan mencari dan menjelaskan fakta penyebab  kurangnya apresisi keberagaman siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Sayan Kabupaten Melawi dan  menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPS dengan media sinopsis beraspek multikultural efektif untuk meningkatkan apresiasi keberagaman siswa di kelas tersebut. Penelitian menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek yang diteliti relatif terbatas, tetapi menyangkut variabel dan fokus penelitian sangat luas dimensinya karena menyangkut dimensi sosial siswa sekaligus psikologisnya yang banyak dipengaruhi oleh kehidupan sosial-kemasyarakatan. Implementasi strategi ini dilakukan pengamatan proses belajar IPS dengan media sinopsis beraspek  multikultural. Fenomena dan gejala di catat dan  dianalisis mulai dari Silabus, RPP, penyusunan bahan ajar ataupun pemakaian media yang sesuai sehingga menggugah  minat siswa untuk mengerti konsep-konsep multikultural. Siswa juga mengisi angket berisi skala sikap berisi opini siswa tentang keragaman etnik, agama di sekolah dan di luar sekolah. Bentuk kuisionair dalam skala likert hasilnya diamati dan disimpulkan untuk mengetahui layak tidaknya pernyataan kuisener menunjukkan apresisi keberagaman siswa. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut:  kurangnya apresiasi keberagaman siswa karena kualitas pembelajaran di sekolah tersebut kurang dengan faktor utama lemahnya kualitas dan kuantitas guru IPS, faktor sosial ekonomi masyarakat sekitar yang miskin, tertinggal dari warga pendatang. Penyebab lain,  konstelasi politik tingkat lokal sebagai akibat penerapan otonomi daerah yang salah arah. Setelah dilakukan pembelajaran  siswa mulai mengerti apa arti dan makna konsep-konsep multikulturalisme. Siswa mau bergaul dan bekerja kelompok tanpa ada hambatan perbedaan kultur. Ketika dilakukan evaluasi pembelajaran bermuatan multikulturalisme hasilnya memuaskan rata-rata memperoleh skor 78.6 yang berarti tuntas dan siswa mengerti konsep-konsep multikulturalisme. Selanjutnya dari analisis angket diketahui bahwa semua siswa menyetujui keberagaman dan mengapresisi perbedaan kultur.


Kata Kunci: Media Sinopsis, Multikulturalisme, Pembelajaran IPS, Apresiasi Keberagaman.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.