UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN  HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS 8A SMP NEGERI  1  KEMBANGBAHU LAMONGAN

SUWINYANTORO

Abstract


Abstrak


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model Course review horay (CRH). Permasalahan pembelajaran terbatas di kelas 8A yaitu rendahnya aktivitas belajar dalam pembelajaran IPS yang berakibat juga rendahnya hasil belajar. Tolok ukur keberhasilan hasil belajar adalah nilai KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal). KKM di kelas 8A SMP Negeri Kembangbahu adalah 78.


Desain penelitian ini adalah CAR (Classroom Action Researtc) atau  Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan secara ber-siklus, dengan menggunakan model pembelajaran CRH. Hasil penelitian siklus 1, rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah 81,49% dan dikategorikan baik. Hasil belajar siswa secara klasikal 84,62% mencapai KKM dan 15,38% siswa belum mencapai KKM. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus 1 belum tercapai. Saran dari supervisor dan kolaborator pada akhir siklus 1 sebagai bahan refleksi dan akan dilakukan perbaikan kualitas pembelajaran pada siklus berikutnya. Hasil penelitian siklus 2 adalah  rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran 82,94% dan dikategorikan baik. Hasil belajarsecara klasikal 88,46% mencapai KKM dan 11,54% belum mencapai KKM.


 


Kata kunci: Aktivitas belajar siswa, Model Course Review Horay (CRH), hasil belajar.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.