EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SOSIAL DENGAN STRATEGI BELAJAR MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP

SUNARSIH

Abstract


Abstrak


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah sosial dengan strategi belajar mind mapping untuk meningkatkan berpikir kritis siswa dan mendeskripsikan perbedaan berpikir kritis pada kelas yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah sosial dengan strategi belajar mind mapping dengan kelas yang menerapkan pembelajaran diskusi kelas.


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-postest randomized control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngawi terdiri dari delapan kelas yaitu VIII A-VIII H. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran berbasis masalah sosial dengan strategi belajar mind mapping dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran diskusi kelas.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis deskriptif pembelajaran berbasis masalah sosial dengan strategi belajar mind mapping efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Kesimpulan ini didasarkan pada beberapa hal, yaitu : (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran tergolong baik, (2) aktivitas siswa tergolong aktif, (3) respon siswa terhadap pembelajaran positif, (4) ketuntasan hasil belajar tercapai. Berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa ”Ada perbedaan berpikir kritis pada kelas yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah sosial dengan strategi belajar mind mapping dengan kelas yang menerapkan pembelajaran diskusi kelas” Hal  ini  ditunjukkan  oleh  nilai sig. 0,000 ≤ 0,05 dan thitung (7,958)  ≥  ttabel  (1,672) Hal ini berarti bahwa ada perbedaan rata-rata post-test berpikir kritis siswa pada pembelajaran berbasis masalah sosial dengan strategi belajar mind mapping lebih baik  dibandingkan pembelajaran diskusi kelas dalam hal meningkatkan berpikir kritis siswa.


 


Kata-kata Kunci :  Pembelajaran Berbasis  Masalah   Sosial,  Mind  Mapping   dan   Berpikir Kritis


 


Abstract


 


       The purpose of the research is to describe the effectiveness of social problem-based learning with mind mapping learning strategy for improving students' critical thinking and describe the differences in critical thinking in the class that implements the social problem-based learning with mind mapping learning strategy with the class that implements learning classroom discussion.


This research is experimental research used pretest-posttest randomized control design. The population of this research is students class VIII at the State Junior High School 1  in Ngawi which consists of eight classes of VIII A - VIII H and the sample has two classes. Class VIII E as is class experiment with social problem-based learning with learning strategy mind mapping. Class VIII G is as the control class learning with classroom discussions


The results showed that the descriptive analysis of social problem-based learning with mind mapping is effective learning strategies to improve students' critical thinking. This conclusion is based on several things, that are : (1) The ability of the teacher to manage learning is quite well, (2) the students activity is  as active, (3) the students response in learning is positive, (4) The completeness of learning outcomes is achieved. Based on the results of inferential analysis it can be concluded that "There is a difference in critical thinking in the class that implements the social problem-based learning with mind mapping learning strategy with a class that implements learning classroom discussion".  This is demonstrated by the sig. 0,000 ≤ 0.05 and t (7.958) ≥ t table (1.672) This means that there are differences in the average post-test students' critical thinking in social problem-based learning with mind mapping learning strategy it is better than teaching a class discussion in terms of improving thinking critical students.


 


Key words : Social  Problem-Based Learning, Mind Mapping and Critical Thinking


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.