Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

SUTRISNO SLAMET

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kooperatif tipe STAD yang berkualitas dan efektif dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran IPS SMP kelas VIII pada Kompetensi Dasar (KD) Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Desain penelitian menggunakan pengembangan tipe 4-D (define, design, develop, dessiminate). Hasil analisis data dari penelitian ini didapatkan bahwa buku ajar pada tingkat kesulitan berada pada kategori sangat rendah atau sangat mudah dipahami. keterlaksanaan pada semua RPP dikatakan sebagai Instrument yang reliabel untuk mengukur kualitas keterlaksanaan RPP. Rata-rata ketuntasan klasikalnya sebesar 90%. Pada penilaian afektif karakter masing-masing siswa berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Rata-rata nilai dalam setiap karakter kejujuran, ketelitian dan kerja sama berada pada kategori sangat tinggi. Pada respon siswa terhadap perangkat menunjukkan respon siswa sangat tinggi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat yang telah dibuat memiliki kualitas dan efektifitas yang tinggi dalam meningkatkan hasil belajar dan kemampuan sosial siswa.


Kata Kunci: Perangkat pembelajaran, Kooperatif tipe STAD


 


Abstract


  The purpose of this study is to set a qualified and effective instructional material of cooperative STAD type in doing the subject of IPS in a class of the eighth year of SMP in the basic competence of describing the relationship between the scarcity and the unlimited humanity needs. This study design uses development 4D type (define, design, develop, deseminate). The result of analise this research the handbook  at category of difficulty is on easy category or understandable. Percentage of feasibility of all lesson plan can be concluded that as a reliablee instrument to measure a quality of lesson plan feasibility. The average of classical thoroughness is 90%. In the scoring of affective aspect, the character  on the level of high and very high category. On the response of students for instructional material is  The results show that the students’ response is very high. From this study, it can be concluded that the designed material has quality and effective to increase result of study and social skill of students.


Key words: Instructional Material, Cooperative STAD type.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.