PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERATURAN PEMAINAN BOLA BASKET PADA PESERTA DIDIK                             (Studi Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Dlanggu Kab. Mojokerto)

HARRIES TRI MADA

Abstract


Abstrak


Kegiatan pembelajaran Pendidikan jasmani sering sekali muncul beberapa kendala serta hambatan. Dalam proses kegiatan belajar mengajar dalam materi bolabasket sering kali para peserta didik merasa kesulitan saat menghadapi soal-soal ujian tentang peraturan permainan bolabasket. Diduga hal ini terjadi karena pemahaman peserta didik dalam peraturan permainan bolabasket masih kurang. Mengingat pentingnya kemampuan siswa dalam bidang studi Pendidikan jasmani sebagai tolak ukur keberhasilan belajar, maka dirasa sangat penting segera menuntaskan kendala dan hambatan yang ada. Berbagai permasalahan yang menyebabkan rendahnya tingkat keterampilan dan penguasaan siswa dalam memahami materi peraturan permainan bolabasket. Dalam penelitian ini mencoba mencari tahu apakah dengan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap peraturan permainan bolabasket? Penelitian ini termasuk riset aksi atau PTK. Penelitian ini dibagi dalam tiga siklus dan terdiri dari tiga kali pertemuan. Tiap-tiap siklus pada PTK memiliki empat tahap, yaitu Planning (Rencana), Action (tindakan), Observation (Pengamatan), dan Reflection (Refleksi). Hasil penelitian menunjukkan, ternyata melalui media audio visual rerata tingkat ketuntasan belajar siswa secara individual pada tiap siklus pembelajaian terlihat ada peningkatan, dari 73,958% pada siklus I menjadi 77,856% pada ahkir siklus 2. Kemudian dilihat dari jumlah siswa yang tuntas belajarnya juga ada peningkatan, dimana pada siklus I ada 19 siswa yang telah tuntas dan pada siklus 2 sebanyak 26 siswa telah tuntas dalam pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah pemahaman peserta didik terhadap peraturan permainan dalam pembelajaran bolabasket di kelas IX SMP Negeri 2 Dlanggu kab. Mojokerto hasilnya cukup baik. Kata Kunci : Pemahaman Peraturan Permainan, Penelitian Tindakan Kelas, Media audio visual.


Abstract


The physical education lesson activity often dealing with some problem. In the teaching basketball material most of student face some difficulty in answering exam question that has relation with basketball. This may happen because the student knowledge or understanding about basketball rule of the game is still less. Because of the importance about the student ability in physical education as the needed requirement, it is very impotant ability that should solve the problem occur in it. Many problems become the cause of less why student has less ability and knowledge in understanding basketball rule of the game. In this try to find whether the audio visual can improve the students’ understanding about basketball rule of the game? This research is an action research or PTK. This research is divided into three phase and it consists of three meetings. Each of the phase has four steps, that are Planning, Action, Observation, and Reflection. The research result showing that average students’ individually in every phase increasing, from 73,958 % in first phase become 77,856 in second phase. Which in first phase there are 19 students fulfill the exam and second pase there are 26 students complete the level of learning. The conclusion of


this research is the student understanding to the basketball rule of the game in class IX  in SMP Negeri 2 Dlanggu Kab. Mojokerto is good enough                                                                               Keywords : Understanding to the rule of the game, Action Research, Audio Visual


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.