HUBUNGAN GURU BERKARAKTER PROGRESIF TERHADAP MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PRNDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN(STUDI PADA SISWA SMP NEGERI 2 ARJASA SUMENEP)

BUDIONO

Abstract


Abstrak


Minat merupakan salah satu aspek psikis manusia yang mendorong suatu kecenderungan untuk berinteraksi dengan suatu subyek disekitarnya. Minat timbul dalam diri manusia melalui keinginan untuk mengetahui atau mempelajari sesuatu yang menarik perhatiannya.


Karakter progresif adalah karakter yang kuat dan baik. Sifat progresif adalah sifat kemajuan atau memajukan.  Karakter progresif merupakan sifat yang berpandangan maju. , memikirkan kemajuan dan ingin berbuat kemajuan. Karakter progresif selalu memberikan perubahan dari kondisi yang kurang baik menjadi lebih baik lagi.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mrngetahui hubungan guru berkarakter progresif terhadap minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan, jasmani, olahraga, dan kesehatan serta seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. sampel yang digunakan dalam penelitian ini memakai teknik Purposive random samplingyaitu sampel yang diambil sesuai dengan kelas yang diajar guru tersebut di SMP Negeri 2 Arjasa Sumenep.


Berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan dan berdasarkan perhitungan diketahui bahwa nilai  0,476 >  0,205 dengan taraf signifikan 0,05. Dengan kata lain ada hubungan yang signifikan antara guru berkarakter progresif terhadap minat siswa.


Kata kunci : Guru berkarakter progresif, minat siswa dalam pembelajaran


Abstract


Interest is one of the psychological aspects of human being that encourages a tendency to interact with a subject around it. The interest lives in human’s self through the willingness to know or learn something that makes him/her interest.


Progressive character is a strong and good character. Progressive character is a progressing character. Progressive characteristic is the characteristic toward the progressive or improvement of the condition, thinks about progression, and has interest in acting for progression. Progressive character always gives a change from a less good to be better.


The purpose of this research is to know the relationship of teacher who characterizes progressive toward the interest of students in joining the study of physical, sport andhealth education and also how big the influence. This research is non-experiment research with quantitative approach. The sample used in this research uses Purposive Random Sampling technique that is the sample taken correspond with the class that the teacher teaches in statejunior high school 2 Arjasa Sumenep.


Based on the research and calculation, it is known that the value of rhitung is 0,476 > rtabel is 0,204 with significant standard is 0,05. In other word, there are significant relationships between the teachers who characterizes progressive toward students’ interest.


Key Term: teacher who characterizes progressive, the interest of students in studying


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.