PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM GERAK SENAM LANTAI (MERODA, FORWARD ROLL, HAND STAND) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

LULUK INDAH NUR WAHYUNI

Abstract


Abstrak


Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan bagian dari pendidikan secara keseluruhan yang bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat, dan pengenalan lingkungan bersih dan melelui  aktivitas jasmani, olahraga, dan kesehatan tersebut yang telah disusun dan direncanakan secara sistematis akan dapat mencapai tujuan pendidikan nasional. Untuk mencapai tujuan pembelajaran di atas banyak faktor yang mempengarui proses belajar mengajar. Salah satunya adalah hasil belajar, hasil belajar adalah kemampuan yang di miliki oleh peserta didik setelah mereka menerima pengalaman pembelajaran. Yang mana pengalaman belajar siswa siswi SMPN 2 Trawas dirasa kurang baik denganpenggunaan media audiovisual untuk mempermudah siswa dalam proses pembelajaran Dengan adanya media tersebut, diharapkan pembelajaran bisa berjalan dua arah dan siswa lebih mudah menyerap apa yang diajarkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 27 siswa kelas VIII SMPN 2 Trawas. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes perlakuan gerak meroda, guling depan, berdiri dengan ke dua tangan dengan menggunakan metode expert judges. Hasil penelitian  yang dapatkan adalah perbedaan nilai terendah 66,7 pada pre test dan 66,7 pada pos test dan nilai tertinggi 100 pada pre test dan 100 pada  pada pos test  sehingga ada perbedaan antara nilai guling depan, berdiri dengan ke dua tangan dan meroda pada hasil pre test dan post test. Peningkatan hasil belajar gerak senam lantai guling depan, berdiri dengan ke dua tangan dan meroda dari pre test dan pos test kelompok eksperimen sebesar 15%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada gerak senam lantai guling depan, berdiri dengan ke dua tangan dan meroda.


Kata Kunci: media, hasil belajar, audiovisual, siswa, senam lantai.


Abstract


Sport education is part of many education that it aims to develop aspects of physical fitness, motor skills, critical thinking skills, social skills, reasoning, emotional stability, moral action, aspects of healthy lifestyles, and the introduction of a clean ienvironment and through physical activity, sports, and health, which has been conceived and planned systematically will be able to achieve the goals of national education. To achieve the goal of learning over many factors that influence the learning process. One is the result of learning, learning outcomes is the ability which is owned by the students after they receive the learning experience. In which the learning experience of students of SMPN 2 Trawas is less well with the use of audiovisual media to facilitate students in the learning process with the media, is expected to run a two-way learning and students more easily absorb what is being taught.This research used experimental research with a quantitative approach to the design of the study one group pretest-posttest. Subjects in this study were contain of 27 students of class VIII SMPN 2 Trawas. Instruments in this study were using the test treatment cartwheel motion sequence, forward roll, hand stand used expert judges.


The Research results get is a difference in the lowest score of 66,7 on the pre-test and 66,7 on the post-test and the highest value 100 at the pre-test and 100 on the post test so that there is a difference between the value of roll front, standing with two hands and meroda on the results of pre-test and post test. Improved learning outcomes motion of the front roll gymnastics floor, standing with two hands and meroda of pre test and post test experimental group by 15%. IIt can be concluded that the audio-visual learning media can affect student learning outcomes in motion a series of floor exercises Forward Roll, Hand Stand and cartwheel.


Keywords: media, audiovisual, learning outcomes, student, Floor exercise.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.