ANALISIS MINAT SISWA TERHADAP PERMAINAN TEE BALL PADA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS V KECAMATAN PONOROGO KABUPATEN PONOROGO

FIQI FAHRIZAL HARDIANSYAH

Abstract


Abstrak


Secara umum pendidikan nasional berfungsi dalam mengembangkan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan memegang peranan penting dalam pembentukan manusia seutuhnya. Pada pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan terdapat berbagai macam permainan yang digunakan untuk mengembangan suatu potensi seorang siswa salah satunya permainan Tee Ball. Pada dasarnya permainan ini sangat menyenangkan. Permainan ini mengandung beberapa unsur gerak dasar, antara lain : memukul, melempar, berlari, dan menangkap. Selain unsur gerak dasar, permainan ini juga berkarakter. Nilai-nilai karakter dalam permainan ini antara lain : tanggung jawab, sportifitas, kejujuran dan kepemimpinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa terhadap permainan Tee Ball pada siswa kelas V SD Se-Gugus V Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Se-Gugus V Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo dengan jumlah populasi 173 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode stastitik kuantitatif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket minat siswa dengan uji validitas 0,246-0,672 dan uji reabilitas 0,876. Hasil analisa statistik didapatkan nilai persentase minat siswa terhadap permainan Tee Ball  pada siswa kelas V Se-Gugus V Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo yang tergolong minat sangat tinggi sejumlah 99 siswa dengan persentase 57,23% sedangkan yang tergolong minat tinggi sejumlah 74 siswa dengan persentase 42,77% dan yang tergolong minat sedang, rendah dan sangat rendah tidak ada.


Kata Kunci: Minat Siswa, Permainan Tee Ball


Abstract


In general, the function of national education is to improve and develop character along with civilization. Physical Education and Sport Science has the important role in shaping an ideal human. Physical education has various types of games that can be used to develop student potential, one which is Tee Ball games. Basically, this game is very enjoyable. This game contains several basic element of movement, such as: hitting, throwing, running, and catching. In addition, this game also embodies positive character development. Among the character values in this game are: responsibility, sportmanship, honesty, and leadership.


The aim of this study is to find out the student’s interest toward Tee Ball games in 5th graders of elementary school in cluster 5 Ponorogo sub disctrict, Ponorogo regency. The subjects of this study are 5th graders of elementary school student in clusters 5 Ponorogo sub district Ponorogo regency of 173 students. Furthermore, this study uses statistic quantitative method. The data sampling process used student interest questionnaire instrument with validity tested in 0,246-0,672 and reliability tested in 0,876.


Based on the statistic analysis in the research of student interest in tee ball, games in  5th graders elementary school in clusters 5 Ponorogo sub district Ponorogo regency is rated as very high interest are 99 students with percentage 57,23%, whereas high interest are 74 student with percentage 42,77% and there are not data for medium, low, and very low interest.


Keywords: Student interest, Tee Ball Games


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.