PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL DRIBBLE BOLA BASKET (Studi Penelitian Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket SMA Negeri 1 Ngunut)

DEVI LESTYA PEMBAYUN

Abstract


Abstrak


Dalam kegiatan ekstrakurikuler media pembelajaran adalah salah satu komponen yang mempunyai peran penting. Media berperan sebagai alat komunikasi guna mengefektifkan proses belajar. Media audio visual dapat memperjelas penyampaian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar proses belajar dan meningkatkan hasil belajar. Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  eksperimen semu  dengan  pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini  adalah seluruh peserta ekstrakurikuler di SMA Negeri 1  Ngunut. Cara memperoleh data menggunakan tes dribble dengan 3 kali kesempatan dan akan di ambil waktu terbaik dari 3 kali kesempatan tersebut. Dari  hasil  analisa  menggunakan aplikasi komputer SPSS  (Statistical Package for  the  Social Sciences) versi 20, saat pretest didapatkan rata-rata 10,7229, median 11,1500, nilai minimum 8,16, nilai maksimum 13,25, standar deviasi 1,77960, serta varian 3,167. Sedangkan saat posttest didapatkan rata- rata 9,4087, median 10,1000, nilai minimum 7,15, nilai maksimum 11,11, standar deviasi 1,18944, dan varian 1,415. Jadi besar pengaruh antara pretest dan posttest sebesar 12,2%. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan media audio visual terhadap hasil belajar dribble bola basket, 2) terdapat penigkatan hasil belajar dengan menggunakan media audio visual. Hal ini terbukti dari penghitungan besar pengaruh media audio visual pada peningkatan hasil belajar dribble sebesar 12,2%.


Kata Kunci : Media Audio Visual, Hasil Dribble


Abstract


In extracurricular activities, instructional media is one of the components that has important role. Media as a communication tool to streamline the learning process. Media audio visual can explain the messages and information, so it can expedite the learning process and improve the learning outcomes.


The type that used is quasi experiment with quantitative descriptive approach. While, the research design that used is one group pretest-posttest design. Population in this research is the entire extracurricular participant in SMA Negeri 1 Ngunut.  The way to obtain data using dribble test with three chances and the best time from those chances that will be taken.


From the analysis result using computer application SPSS (Statistical Package for the Social


Sciences) version 20, at pretest obtained the average of 10,7229, median of 11,1500, minimum score of


8,16, maximum score of 13,25, standard deviation of 1,77960, and variant of 3,167. While at posttest obtained the average of 9,4087, median 10,1000, minimum score of 7,15, maximum score of 11,11, standard deviation of 1,18944, and variant 1,415. So, the great of influence between pretest and posttest is


12,2%.


The results of the research are; 1) there is significant influence in applying audio visual media on basketball dribble learning outcome, 2) there is improving learning outcome by using audio visual media. It is proven from the great of influence calculation audio visual media in improving learning outcomes as


12,2%.


Keywords : Audio Visual Media, Dribble Result


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.