PENERAPAN LATIHAN PART TERHADAP HASIL DRIBBLE BOLA BASKET SISWA PUTRA KELAS VII DAN VIII YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMP NEGERI 1 BEJI, KABUPATEN PASURUAN

BINTANG RAMADHAN

Abstract


Abstrak


Dalam kegiatan ekstrakurikuler metode part adalah salah satu komponen yang mempunyai peran penting. Metode part merupakan bentuk latihan keterampilan yang dilakukan secara bertahap dari keterampilan yang dipelajari.


Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta putra ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Beji, Kabupaten Pasuruan. Cara memperoleh data menggunakan tes dribble dengan 3 kali kesempatan dan akan diambil waktu terbaik dari 3 kali kesempatan tersebut.


Dari hasil analisa menggunakan aplikasi komputer SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 20, saat ­pretest didapatkan rata-rata 73,1667, nilai minimum 61,00, nilai maksimum 84,00, standart deviasi 8,51558, serta varian 72.515. Sedangkan saat posttest didapatkan rata-rata 91,6667, nilai minimumnya 83,00, nilai maksimum 100,00, standart deviasi 5.91352, serta varian 34,970. Jadi besar pengaruh antara pretest danposttest sebesar 25,28%.


Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) adanya pengaruh yang signifikan pada penerapan metode part terhadap hasil dribble bola basket, 2) terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode part. Hal ini terbukti dari penghitungan besar pengaruh metode part pada peningkatan hasil belajar dribble sebesar 25,28%.


Kata Kunci : Metode Part, Hasil Dribble Bola Basket.


Abstract


Part in extracurricular activities method is one of the components that have an important role. Part method is a form of skills training is done gradually from a learned skill.


This type of research is quasi experiment with quantitative descriptive approach. While the design of the study is a one-group pretest-posttest design. The population in this study were all participants in extracurricular son SMP Negeri 1 Beji, Pasuruan district. How to obtain data using test dribble with 3 times the chance and will be taken 3 times the best time of the occasion.


From the analysis using SPSS computer application (Statistical Product and Service Solutions) version 20, pretest obtained an mean 73.1667, the minimum value of 61.00, the maximum value of 84.00, standard deviation of 8.51558, as well as 72.515 variants. While at posttest obtained an mean 91.6667, the minimum value of 83.00, the maximum value of 100.0, standard deviation of 5.91352, as well as 34.970 variants. So great influence between pretest and posttest amounted to 25.28%.


The results of this study are as follows 1) any significant influence on the implementation of the method part of the results dribble a basketball, 2) there is an increasing learning outcomes by using part. This proved of major influence calculation part method on improving learning outcomes dribble amounted to 25.28%.


Keywords : Part Method, The Results of Dribble Basketball.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.