PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN UNDER HAND PASS DAN UNDER HAND SERVE PADA PEMBELAJARAN BOLAVOLI (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tuban)

FADLI SHOFIUDIN

Abstract


Abstrak


Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan menuntut guru harus berperan kreatif dan inovatif sehingga di mana sebuah tujuan pembelajaran tersebut tersampaikan secara benar dan tepat. Maka penulis ingin menerapkan suatu alat bantu pengajaran berbentuk Media Audio Visual. Keberhasilan dalam pembelajaran Under Hand pass dan Under Hand Serve Bolavoli dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang dihasilkan melalui proses pre test dan post test aspek psikomotor. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-eksperimen) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-4 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 28 siswa dan siswi. Dari hasil penelitian secara umum yang dapat disimpulkan bahwa selama 4 kali perlakuan, dengan menggunakan aspek psikomotor hasil belajar yang digunakan pada saat pre test  dan post test didapatkan Dari hasil penelitian siswa kelas X memiliki rata-rata nilai Rata-rata  mean pre test hasil belajar Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Under Hand Pass Bolavoli adalah 56,11, dengan standar deviasi pre test 5,94, nilai paling rendah 50 , nilai paling tinggi 69 . Untuk  rata-rata mean post test hasil belajar Under Hand Pass Bolavoli adalah 73,43, dengan standar deviasi post test 9,41, nilai paling rendah 63, nilai paling tinggi 100. Dari hasil tersebut di peroleh peningkatan sebesar 30,87%. Sedangkan Rata-rata  mean pre test hasil belajar Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Under Hand Serve Bolavoli adalah 68,75, dengan standar deviasi pre test 10,48, nilai paling rendah 56 , nilai paling tinggi 94 . Untuk  rata-rata mean post test hasil belajar Under Hand Serve Bolavoli adalah 73,43, dengan standar deviasi post test 9,41, nilai paling rendah 63 , nilai paling tinggi 100. Dari hasil tersebut di peroleh peningkatan sebesar 6,80%.


Kata Kunci: Audio Visual, Under Hand Pass dan Under Hand Serve Bolavoli.


Abstract


The development of science requires teachers to play a creative and innovative role so that where a learning objective is delivered correctly and correctly. So authur want to apply a teaching tool in the form of Audio Visual Media. Success in learning Under Hand pass and Under Hand Serve Bolavoli can be seen from the results of student learning is produced through the process of pre test and post test psychomotor aspects. The type of research used is quasi-experiment with quantitative descriptive approach. The sample technique used is purposive random sampling. The subjects of this study are the students of class X IPA-4 as the experimental group of 28 students and the students. From the results of general research that can be concluded that during the 4 treatments, using psychomotor aspects of learning outcomes used at the time of pre test and post test obtained From the results of research students class X has average value Mean mean pre test learning outcomes Influence Audio Visual Media Against Ability Under Hand Pass Volleyball is 56,11, with standard deviation of pre test 5,94, lowest value 50, highest value 69. For mean post test mean learning outcomes Under Hand Pass Volleyball is 73,43, with standard deviation of post test 9,41, lowest value 63, highest score 100. From these results obtained an increase of 30,87%. Whereas Mean Mean Pre Test Learning Outcomes The Influence of Audio Visual Media To The Ability Of Hand Serve Volleyball is 68,75, with standard deviation of pre test 10,48, lowest value 56, highest value 94. For mean post test mean learning result of Under Hand Serve Volleyball is 73,43, with standard deviation of post test 9,41, lowest value 63, highest value 100. From these results obtained an increase of 6,80%.

Keywords: Audio Visual, Under Hand Pass and Under Hand Serve Volleyball.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.