PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SERVICE BAWAH DAN PASSING ATAS MATERI PERMAINAN BOLAVOLI (Studi Pada Kelas X SMA Negeri 4 Pamekasan)

ARIEF IRHAMY

Abstract


Abstrak


Pembelajaran  kooperatif adalah  model pembelajaran yang lebih mengutamakan kerja kelompok dan diarahkan oleh guru. Pembelajaran kooperatif sangat baik untuk siswa dan guru dalam meningkatkan sikap positif terhadap lingkungan belajar, kerja sama, kemampuan  nalar, keterlibatan emosional, dan dukungan sosial. Pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) merupakan jenis model pembelajaran yang mudah untuk diterapkan, seluruh siswa terlibat dalam pembelajaran, berperan sebagai tutor sebaya dan terdapat permainan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar service bawah dan passing atas materi permainan bolavoli dalam pembelajaran PJOK, mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar service bawah dan passing atas materi permainan bolavoli dalam pembelajaran PJOK. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Pamekasan. Sampel diambil dengan cara cluster random sampling untu menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan ada tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar service bawah dan passing atas bolavoli dalam pembelajaran PJOK pada kelas X di SMA Negeri 4 Pamekasan dengan perhitungan nilai sig (2tailed) atau p value service bawah sebesar 0,881 dan p value passing atas sebesar 0,074. Maka diketahui nilai  p value lebih besar dari 0,05. Besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa pada materi service bawah dibuktikan dengan perhitungan presentase pengaruh yaitu sebesar 3,40%, sedangkan materi passing atas dibuktikan dengan perhitungan presentase pengaruh yaitu sebesar 2,41%.


Kata Kunci : Teams Games Tournment (TGT), Service Bawah, Passing Atas Bolavoli.


Abstrack


Cooperative learning is a larger form that include all type working group and all preferences form by teacher. Cooperative learning is aimed to increase positive attitude of students for learning environment that cover, teachers, ability to work in group , logical thinking. The management of emotional  and social support. The aim of this research is to know the impact of cooperative learning model type TGT toward the result of down service and top passing learning in the volley ball game material PJOK 2. This research is experimental research with quantitative exposure, and the subject of this research is students in X grade SMA Negeri 4 Pamekasan. Sample was taken by using cluster random sampling to determine the experiment and control class. The result of this research shows there is an impact of cooperative learning model type TGT toward the result of down service and top passing learning in the volley ball game material PJOK for X grade in SMA Negeri 4 Pamekasan with score sig (2talled) or p value service around 0.881and p value top passing 0,074. Then It can be inferred p value bigger than 0,05. The amount of impact in the implementation of cooperative learning model type TGT toward the result of down service, proven around 3,40%, and top passing with the amount 2,41%.


Keywords : Teams Games Tournament (TGT), Underhand Serve, Overhead Pass


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.