Pengaruh Penerapan Permainan Kecil Terhadap Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII MTsN 4 Mojokerto.

OCTA PRIMANDA PRADHANA

Abstract


Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan mempunyai tujuan yang secara umum adalah untuk kesehatan jasmani dan rohani, serta menumbuhkan rasa sportivitas. Selain itu, tujuan PJOK juga untuk memenuhi kebutuhan gerak siswa. Pada saat peneliti melakukan observasi awal, banyak temuan dilapangan yang membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa hanya melakukan streaching, berlari mengelilingi lapangan, dan langsung diberikan materi inti tanpa ada pemansan lain menggunakan permainan kecil. Pada pembelajaran PJOK terdapat banyak permainan yang menuntut siswa untuk berpartisipasi aktif agar tujuan pembelajaran bisa terwujud, dan salah satunya yaitu permainan kecil. Partisipasi aktif yaitu siswa ikut berperan aktif dalam pembelajaran seperti bertanya, membantu sesama teman saat ada kesulitan dan selalu berusaha dalam setiap tugas yang diberikan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan kecil pada siswa kelas VIII E MTsN 4 Mojokerto, serta ntuk mengetahui besarnya pengaruh permainan kecil terhadap partisipasi aktif siswa pada pembelajaran PJOK siswa kelas VIII E MTsN 4 Mojokerto. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen APF. Adapun hasil yang didapat dari perhitungan menggunakan SPSS maupun maunal yaitu, rata-rata pre-test 28,16 dan post-test 30,48. Sedangkan uji T yaitu nilai thitung sebesar 3,908 > ttabel 2,064 dengan Sig = 0,001 ≥ α = 0,05 yang sesuai dengan kriteria pengujian. Hal ini berarti menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh penerapan permainan kecil terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PJOK siswa kelas VIII E MTsN 4 Mojokerto. Pengaruhnya yaitu sebesar yaitu 8,23 %.

Kata Kunci: Permainan Kecil, Partisipasi Aktif Siswa.

Abstract

Physical education, sports, and health have goals that are generally for physical and spiritual health, as well as foster a sense of sportsmanship. In addition, the purpose of PJOK is also to meet the students movement needs. Preliminary observations showed many findings in the field make students less active in learning. Students only do stretching, run around the field, and immediately given core material without any other users using small games. In PJOK learning there are many games that require students to participate actively so that learning goals can be realized, including small game. Active participation is that students play an active role in learning such as asking questions, helping fellow friends when there are difficulties and always trying in every task given by the teacher. The objectives of this study were to find out the influence of small games on class VIII E of MTsN 4 Mojokerto, as well as to find out the effect of the smallest participation of students on the learning of class VIII E of MTsN 4 Mojokerto. This type of research used a quasi-experimental quantitative approach. Whereas the data collection process is carried out by using APF instruments. The results obtained from the calculation using SPSS and manually counted, mean of pre-test 28.16 and post-test 30.48. While the T-test is the value of count for 3.908> t table 2.064 with Sig = 0.001 ≥ α = 0.05 which corresponds to the authors test. This indicates that H0 is rejected and Ha accepted so there were the effects of the application of small games on the active participation of students in learning PJOK class VIII E MTsN 4 Mojokerto, as for the effect of equal to 8.23%.

Keywords: Small Game, Active Student Participation


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.