PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK SISWA KELAS IV SDN BIBIS 113 SURABAYA TAHUN AJARAN 2013-2014

MUHAMAT RIZAL KURNIAWAN

Abstract


Abstrak


Untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif tentunya guru harus mempunyai terobosan-terobosan baru seperti media. Penggunaan media pembelajaran merupakan suatu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang ditemui dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani, guru diharapkan mengajarkan berbagai keterampilan gerak dasar dalam permainan dan olahraga, nilai-nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, dan lain-lain, serta pembiasaan pola hidup sehat. Penggunaan media audiovisual diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok serta memudahkan proses pembelajaran khususnya dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berjenis pre experimental yang difokuskan pada One Group Pre-test Post-test design. Data yang digunakan adalah hasil/nilai belajar siswa saat pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan gerak (psikomotor). Instrumen yang digunakan berupa lembar evaluasi pre-test dan post-test. Dianalisis menggunakan rumus rerata dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media audio visual berjalan lancar dan dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. Hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan juga mengalami peningkatan, dari jumlah rerata 6,3 menjadi 9,5. Hal ini juga terbukti berdasarkan penghitungan uji-t terlihat bahwa nilai ttabel pada uji t-test for Equality of Means dengan taraf signifikan kedua kelas tersebut 1,697. Untuk data pre-test dan post-test nilai kritis t untuk taraf nyata 0,05 dan df = 35 adalah 29,076 dan 39,346. Dimana 1,697 ≤ 29,076 dan 39,346 atau ttabel ≤ thitung, maka H0 ditolak sehingga H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil pre-test dan post-test siswa dalam penerapan media audio visual terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok di kelas IV.


Kata Kunci: media, audiovisual, hasil belajar, lompat jauh, gaya jongkok


Abstract


Teacher certainly should have new innovation such as media to create innovative learning process. The use of instructional media is used to solve the obstacles found in the teaching and learning process so it can run effectively and efficiently. In physical learning education, teacher is expected to be able to deliver various basic movement skills. Sportsmanship values, honesty, team works, etc. as well as habituating healthy lifestyle. The use of audiovisual media is expected to be able to improve students’ learning achievement in long jump through squat styles materials and simplify the teaching and learning process especially in health and physical education fields. This research is a research experiment of pre experimental that focused at One Group Pre-test Post-test design. The data is used from the result/value of student’s learning on pre-test and post-test. The technique of using data is movement skill test (psikomotor). The instruments is used constitute of evaluation sheet pre-test and post –test. Analyzed using formula terata and significant test. The results of this study shows that the implementation of audio visual media run well and it is able to motivate students in learning long jump through squat styles materials. The students’ achievement before and after implementation get increased, from the average 6.3 to 9.5. it is also proved based on t-test calculation which shows that t table test of t-test for Equality of Means with significance level  of the two classes 1.697. The pre-test and post-test  data with t critical scores for real level 0.05 and df=35 is 29.076 and 39.346 in which 1.697 ≤ 29.076 and 39.346 or ttable≤ thitung, therefore H0 is rejected and H1 is accepted. So, it can be concluded that there are differences of students average scores of pre-test and post test in audio visual media implementation towards learning achievement of long jump through squat styles in the fourth grade.


Keywords : media, audiovisual, learning outcomes, long jump, squat style


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.