PERAN GURU PPKn DALAM MENGUATKAN KARAKTER TANGGUH UNTUK MENGANTISIPASI BAHAYA NARKOBA PADA SISWA DI SMPN 21 SURABAYA

MaIn

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam menguatkan karakter tangguh untuk mengantisipasi bahaya narkoba pada siswa di SMPN 21 Surabaya.  Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori peran dari Biddle dan Thomas. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Informan dalam penelitian berjumlah dua orang yang terdiri atas guru PPKn dan guru BK, teknik yang digunakan dalam penelitian ini Purposive Sampling. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan wawancara. Selanjutnya data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn (Aktor) terdapat 4 perilaku yaitu harapan, norma, wujud perilaku, penilaian dan sanksi serta siswa (Target). Terdapat dua peran guru PPKn dalam menguatkan karakter tangguh untuk mengantisipasi bahaya narkoba pada siswa yaitu peran sebagai pengajar dan pendidik. Peran sebagai pengajar dilakukan pada saat jam pelajaran PPKn dengan memberikan penjelasan, mengajak siswa mengulas dan menyimpulkan dampak merokok. Selain itu juga memberikan pemahaman pada siswa untuk memilih-milih teman yang baik dan tidak mudah terpengaruh pada ajakan teman. Sebagian besar siswa yang merokok karena berteman dengan siswa yang merokok, jadi untuk mengantisipasi hal tersebut siswa harus pintar memilih-milih teman. Peran guru sebagai pendidik yaitu menangani siswa binaannya yang ketahuan merokok, penanganan yang dilakukan guru PPKn yaitu menasehati siswa binaannya. Langkah selanjutnya jika siswa kembali merokok lagi, guru PPKn sebagai wali kelas melaporkan ke BK. Pelaporan dilakukan karena siswa tersebut merokok lagi, hal ini menunjukkan bahwa siswa tersebut tidak ada niat  untuk mengubah sikapnya.


Kata Kunci: Peran guru PPKn, Karakter Tangguh, Bahaya Narkoba


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.