HUBUNGAN KUALITAS PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SIDOARJO

DEWI RATNA SARI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan kualitas penerapan Gerakan Literasi Sekolah dengan kemandirian belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Sidoarjo dengan sampel sejumlah 108 siswa. Untuk mengolah data menggunakan teknik analisis data dengan rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai r hitung lebih besar dari r tabel. Berdasarkan ketentuan jika r hitung lebih besar dari r tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan kualitas penerapan Gerakan Literasi Sekolah dengan kemandirian belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Sidoarjo. Kualitas penerapan Gerakan Literasi Sekolah dilihat dari proses pelaksanaannya dimulai dari pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Siswa yang melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah dengan kualitas yang tinggi maka akan memiliki kemandirian belajar yang tinggi, begitu sebaliknya siswa yang melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah dengan kualitas rendah maka memiliki kemandirian belajar yang rendah.


Kata Kunci: kualitas penerapan, Gerakan Literasi Sekolah, kemandirian belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.