PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI SOSIAL SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SMP SEPULUH NOPEMBER KABUPATEN SIDOARJO

M ROFIUL UMAM

Abstract


Abstrak 


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam membentuk karakter peduli sosial siswa melalui budaya sekolah di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam budaya sekolah di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Belajar Observasional Albert Bandura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala sekolah dalam membentuk karakter peduli sosial pada siswa melalui budaya sekolah di SMP Sepuluh Nopemeber Sidoarjo adalah membentuk program bakti sosial dan pembagian kelompok-kelompok pada setiap kelas. Faktor pendukung dari budaya sekolah SMP Sepuluh Nopember adalah lingkungan sekolah, tenaga pendidik, kesiapan siswa. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan faktor pendukung tersebut adalah pemberdayaan sarana yang ada, meningkatkan kerja sama antara sekolah dan komite. Faktor penghambat budaya sekolah SMP Sepuluh Nopember adalah kurangnya sarana pendukung, kurangnya dukungan masyarakat, kurangnya ketersediaan dana yang cukup, adanya siswa yang sulit diatur pada saat melaksanakan budaya sekolah. Peran kepala sekolah dalam mengatasi faktor penghambat tersebut adalah pemenuhan dana yang cukup untuk pemeliharaan sarana, memobilisasi dukungan masyarakat, mengefektifkan sarana yang ada, memberi nasehat kepada siswa yang sulit diatur.


Kata Kunci: Peran, Peduli Sosial, Budaya Sekolah.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.