METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI LOKASI ANAK TUANRUNGU KELAS TINGGI

FIKA KURNIAWATI, WAGINO

Abstract


Anak tunarungu umumnya mengalami permasalahan dalam kemampuan menulis teks dekripsi lokasi. Permasalahan tersebut berawal dari gangguan pendengaran anak tunarungu yang mengakibatkan terhambatnya pada perkembangan berbahasa. Sehingga minim kosa kata yang dimiliki anak tunarungu mengakibatkan anak tunarungu sulit memperoleh informasi dari luar atau sulit menyampaikan informasi sesuai dengan apa yang dilihat. Untuk mengembangkan kemampuan menulis teks deskripsi lokasi yaitu dengan diterapkan metode mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh metode mind maping terhadap kemampuan menulis teks deskripsi lokasi anak tunarungu kelas tinggi. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Jenis dan desain penelitian yaitu penelitian pre-eksperimen one-group pretest-posttest design. Variabel bebas adalah metode mind mapping, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan menulis teks deskripsi lokasi. Subjek dalam penelitian ini anak yaitu tunarungu kelas tinggi di SDLBN Tumbrasanom, Kecamatan. Kedungadem berjumlah 8 anak yang berusia 10-11 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu test dengan menggunakan instrumen intervensi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan menulis teks deskripsi lokasi anak tunarungu kelas tinggi, sehingga metode mind mapping dapat diterapkan guru dalam proses pembelajaran berlangsung.

Kata kunci : Metode Mind Mapping, Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Lokasi, Anak Tunarungu







Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.