GAME INTERAKTIF BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK TUNAGRAHITA

MUHAMMAD ULUL ALBAB, ASRI WIJIASTUTI

Abstract


Kesulitan dalam berliterasi sains anak tunagrahita yang mengakibatkan terbatasnya kemampuan anak dalam menguasai kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Melalui game Interaktif berbasis computer assisted instruction (CAI) digunakan untuk mengembangkan kemampuan literasi sains sesuia potensi siswa. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh game multimedia interaktif terhadap kemampuan literasi sains anak tunagrahita.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental, dan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini 8 siswa tunagrahita kelas III di SDLB Tunas kasih, Surabaya. Teknik pengumpulan data berupa obeservasi dan tes, dan teknik analisis data menggunakan statistik non parametik dengan uji Wilcoxon.

Berdasarkan hasil tes menunjukkan Zh = 2,52 (nilai (-) tidak diperhitungkan karena harga mutlak) lebih besar dari nilai Z tabel dengan nilai krisis 5% (untuk pengujian dua sisi) =1,96. Dapat disimpulkan penggunaan game multimedia interaktif dalam pembelajaran penguasaan literasi sains memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan literasi sains anak tunagrahita.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.